6 Momen Pendaftaran Prabowo - Gibran, Diantar Maung Pindad ke KPU

Ira Guslina Sufa
25 Oktober 2023, 11:58
Prabowo
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wpa/tom.
Pendukung menyaksikan deklarasi pasangan capres Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming Raka yang didukung Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebelum melakukan pendaftaran menuju Gedung KPU di Indonesia Arena, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Bakal calon presiden dan wakil presiden Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (25/10). Sebelum ke KPU Prabowo - Gibran menemui para relawan dan partai pengusung di Indonesia Arena, Kawasan Gelora Bung Karno. 

Di GBK, Prabowo dan Gibran menyapa pendukung secara bergantian. Para ketua umum Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari Partai Gerindra, Golkar, Partai Amanat Nasional, Demokrat, Partai Bulan Bintang, Gelora, Garuda dan Prima. 

Prabowo dan Gibran mengawali prosesi pendaftaran ke KPU hari ini dengan berangkat bersama dari kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan. Namun sebelum bertemu Gibran, Prabowo terlebih dahulu bertemu dengan Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas. Prabowo datang untuk meminta doa restu kepada Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu. 

Prabowo Temui SBY Sebelum Mendaftar ke KPU

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Ossy Dermawan mengatakan, SBY menyampaikan rasa hormatnya terhadap Prabowo atas pengambilan keputusan strategis, termasuk dalam penentuan calon wakil presiden alias cawapres. 

"Saya memang harus menghormati kedaulatan Pak Prabowo sebagai capres dalam mengambil keputusan-keputusan yang sangat penting," kata Ossy menirukan apa yang disampaikan oleh SBY kepada Prabowo. 

SBY menggambarkan kondisi Prabowo saat ini dengan dirinya ketika dua kali mencalonkan diri sebagai presiden. “Dulu, saat dua kali menjadi capres, saya juga melakukan hal yang sama. Yang paling berkepentingan untuk sukses dalam kontestasi pemilihan presiden ya capres sendiri, bukan orang lain," ujar Ossy.  

Ia menggambarkan, pertemuan itu terjadi dalam suasana yang penuh kekeluargaan di perpustakaan SBY di Cikeas. Kedatangan Prabowo disambut oleh dirinya, SBY, dan Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng.

Usai bertemu dengan SBY, Prabowo kemudian kembali ke kediaman dan bertemu dengan ketua umum Koalisi Indonesia Maju. Bersama Gibran mereka kemudian bergerak ke Stadion Indonesia Arena di Kawasan Gelora Bung Karno untuk menyapa ribuan relawan yang telah menunggu. 

Prabowo-Gibran mendaftar Pilpres 2024 di KPU
Prabowo-Gibran mendaftar Pilpres 2024 di KPU (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wpa/tom.)

Ketua Umum Tandatangani Deklarasi

Di Indonesia Arena, di hadapan oleh ribuan relawan para ketua umum partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju menandatangani deklarasi dukungan tersebut di hadapan Prabowo-Gibran. Sebelum penandatanganan, acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. ​​​​​​

Para ketua umum yang menandatangani deklarasi dukungan itu ialah Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketum Partai Gelora Indonesia Anis Matta, Ketum Prima Agus Jabo Priyono, dan Ketum PSI Kaesang Pangarep.

Setelah menghadiri deklarasi di Indonesia Arena, Prabowo-Gibran menuju ke Kantor KPU RI untuk mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pilpres 2024. Mereka akan menjadi bakal pasangan calon ketiga yang mendaftar ke KPU RI.

Prabowo Doakan Kedamaian Palestina

Di GBK, Prabowo dan Gibran menyapa pendukung secara bergantian. Selain menyatakan semangat untuk maju di Pilpres, pada kesempatan itu Prabowo juga meminta ribuan relawan yang hadir untuk turut mendoakan kedamaian di Palestina. 

“Saya mengajak kita semua untuk sejenak menundukkan kepala, berdoa karena banyak saudara kita Palestina di Gaza sedang menghadapi cobaan penderitaan luar biasa menghadapi penindasan,” ujar Prabowo. 

Dalam beberapa pekan terakhir tensi konflik di daerah Gaza Palestina memang tengah meningkat. Eskalasi meningkat setelah pasukan Israel membalas serangan yang dilakukan oleh pasukan Hamas pada Sabtu (7/10). Usai serangan pasukan Hamas, pemerintah Israel membalas dengan menggelar agresi besar-besaran ke Gaza yang juga menyasar fasilitas sipil seperti rumah sakit dan sekolah.

“Marilah kita berdoa agar mereka diberi keringanan, kebaikan dan keselamatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Hati kita jiwa kita perjuangan kita bersama rakyat Palestina,” ujar Prabowo. 

Gibran Bocorkan Program Prabowo

Tak hanya Prabowo, Gibran yang saat ini masih menjabat Wali Kota Surakarta mendapat kesempatan untuk berpidato. Di hadapan relawan dan pendukung ia menyampaikan komitmen Prabowo - Gibran untuk melanjutkan pembangunan yang telah dilakukan Jokowi. 

"Saya yakin keberlanjutan dan konsistensi adalah modal kita untuk melompat lebih jauh menuju Indonesia Emas," kata Gibran saat deklarasi bersama relawan di Indonesia Arena. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...