Mentan Amran: Swasembada Beras Semudah Membalikkan Telapak Tangan

Andi M. Arief
25 Oktober 2023, 14:29
amran sulaiman, amran, swasembada beras
ANTARA FOTO/Irfan Anshori
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (Dua Kiri) menilai swasembada beras bukan hal yang sulit dicapai Indonesia.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman akan fokus menggenjot produksi beras di masa kepemimpinannya. Ia optimistis Indonesia dapat kembali mencapai swasembada beras seperti saat dirinya menjabat sebagai Menteri Pertanian pada periode 2014-2019. 

Ia menilai, pencapaian status swasembada beras mudah dicapai dengan tim di Kementerian Pertanian yang ada saat ini. Meski demikian,  Amran enggan menjadikan status swasembada beras sebagai target kerjanya.  

"Dulu swasembada beras karena teman-teman semua. Saya hanya bagian kecil. Pak Dirjen, Wamen, Direktur ini hebat-hebat. Ini mudah, semudah membalikkan telapak tangan," kata Amran di Gedung A Kementerian Pertanian, Rabu (25/10).

Ia meyakini, Indonesia sebenarnya berpeluang tidak mengimpor beras hingga 3,5 juta ton seperti yang ditargetkan tahun ini. Impor beras pada tahun lalu mencapai 1,1 juta ton. 

Selain padi, Amran menilai komoditas pertanian lain yang penting adalah jagung. Badan Pangan Nasional mendata realisasi kuota impor jagung sepanjang tahun ini mencapai 981.975 ton.

Ia mengklaim beberapa komoditas pertanian sebenarnya berhasil mencapai status swasembada selama empat tahun berturut-turut sejak 2017. Komoditas yang dimaksud adalah beras, jagung, dan bawang merah.

Perum Bulog mengumumkan hampir seluruh provinsi telah menerima beras impor pada tahun ini. Satu-satunya provinsi yang masih mandiri atau swasembada beras adalah Nusa Tenggara Barat.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...