Jadi Ketua Tim Kampanye Prabowo, Rosan Roeslani Mundur dari Wamen BUMN

Muhamad Fajar Riyandanu
25 Oktober 2023, 15:51
rosan roeslani, prabowo, gibran
ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Aditya Pradana Putra/pras.
Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani menyampaikan paparan dalam sesi Subtema III Transformasi Digital yang Inklusif pada hari hari kedua ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF) di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Rosan Perkasa Roeslani akan mundur dari jabatannya sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Rosan mundur usai ditunjuk sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional pemenangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, mengatakan bahwa Rosan telah mengajukan permohonan pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 24 Oktober 2023.

"Wamen BUMN ini secara resmi diberhentikan dengan hormat melalui Keputusan Presiden tertanggal 25 Oktober 2023," kata Ari lewat pesan singkat WhatsApp pada Rabu (25/10).

Sebelumnya, Prabowo mengumumkan nama tokoh yang didapuk menjadi ketua tim kampanye nasional pemenangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di pilpres 2024.

Prabowo dan Gibran mendaftar ke KPU
Prabowo dan Gibran mendaftar ke KPU (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.)

Hal itu disampaikan Prabowo saat menemui ribuan relawan dan pendukung di Stadion Arena Indonesia kawasan Gelora Bung Karno Jakarta, Rabu (25/10). salah satu tokoh yang disapa adalah Rosan.

“Yang saya hormati, Pak Rosan Roeslani Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju,” ujar Prabowo memperkenalkan Rosan kepada hadirin.

Rosan merupakan lulusan S1 Keuangan di Oklahoma State University dan melanjutkan studi S2 ke European University, Belgia. Sebelum menjabat sebagai Wamen BUMN, ia dipercaya Jokowi menjadi Duta Besar ke-21 Republik Indonesia untuk Amerika Serikat.

Rosan hanya menjabat selama tiga bulan sebagai Wakil Menteri BUMN. Mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia ini sebelumnya menggantikan Pahala Mansury yang bergeser menjadi Wakil Menteri Luar Negeri.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...