Kronologi Jembatan Kaca Pecah di Banyumas dan 6 Fakta Seputar Kejadian

Ira Guslina Sufa
26 Oktober 2023, 11:51
jembatan kaca di Banyumas pecah pada Rabu (24/10) dan menewaskan 1 orang wisatawan
Antara
Jembatan kaca di Banyumas pecah pada Rabu (24/10) dan menewaskan 1 orang wisatawan

Insiden yang terjadi di wahana jembatan kaca di kawasan wisata The Geong, Hutan Pinus Limpakuwus, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada Rabu (25/10) menyedot perhatian publik. Apalagi setelah wisatawan yang jatuh dari wahana jembatan kaca itu dilaporkan meninggal dunia. 

Kepolisian Resort Kota atau Polresta Banyumas Jawa Tengah telah melakukan sejumlah penyelidikan untuk mengusut kejadian. Selain seorang korban meninggal, polresta juga menerima laporan adanya satu pengunjung yang luka-luka. 

Kapolresta Banyumas Kombes Pol. Edy Suranta Sitepu mengatakan informasi mengenai kejadian naas itu diterima kepolisian sekitar pukul 10.00 WIB. Setelah mendapat informasi itu kepolisian segera mendatangi kawasan wisata tersebut dan memasang garis polisi di tempat kejadian perkara (TKP).

Edy menjelaskan berdasarkan informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, para pengunjung yang sedang menggunakan wahana jembatan kaca tersebut merupakan rombongan wisatawan dari Cilacap sebanyak 11 orang.

Menginjak Bagian Kaca yang Pecah 

Menurut dia, rombongan wisatawan tersebut menggunakan wahana jembatan kaca tersebut sekitar pukul 10.00 WIB. Empat orang wisatawan dalam rombongan tersebut jatuh karena ada lembaran kaca yang pecah saat diinjak.

"Saat kacanya pecah, dua orang sempat berpegangan pengaman yang ada di jembatan kaca tersebut; kemudian dua orang lagi jatuh ke bawah," jelas Edy.

Edy mengatakan dua orang wisatawan yang jatuh itu berjenis kelamin perempuan, yakni berinisial AI (41) mengalami luka-luka dan FA (49) dinyatakan meninggal dunia oleh tim dokter. Setelah memeriksa lokasi polisi memasang garis polisi dan menghubungi Laboratorium Forensik

Jatuh dari Ketinggian 10 Meter

Sementara itu, salah seorang saksi mata bernama Sanarto mengatakan setelah turun dari minibus, rombongan wisatawan itu terlebih dulu ke toilet sebelum menjajal wahana jembatan kaca. Setelah selesai dari toilet barulah rombongan menjajal jembatan kaca. 

"Tiba-tiba terdengar suara pecahan kaca. Ketika saya tengok, ternyata sudah ada dua orang yang jatuh dan dua orang lainnya alhamdulillah masih bisa berpegangan besi," kata Sanarto yang merupakan penjaga toilet umum di dekat jembatan kaca naas tersebut.

Menurut dia, pekerja di tempat wisata itu segera menolong dua wisatawan yang jatuh dari ketinggian 10 meter itu. Bahkan, dia mengaku sempat mengusap salah seorang korban sembari membacakan Surat Al Fatihah saat dibawa ke mobil menuju RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo di Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Polisi Ambil Rekaman CCTV

Usai kejadian, petugas Inafis Polresta Banyumas mengambil rekaman kamera pemantau (circuit closed television/CCTV) untuk menyelidiki insiden wahana wisata jembatan kaca yang pecah. Pantauan dari lokasi kejadian, petugas Inafis Polresta Banyumas mengambil digital video recorder (DVR) yang merupakan alat untuk memonitor dan merekam objek gambar yang nampak oleh kamera CCTV itu dari dalam loket masuk wahana jembatan kaca "The Geong". 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...