Mahfud Benarkan Capres Makan Siang Bareng Jokowi, Tak Ada Cawapres

Muhamad Fajar Riyandanu
30 Oktober 2023, 12:06
mahfud, capres, cawapres, jokowi
ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/wpa/hp.
Bacawapres Mahfud MD berjalan meninggalkan gedung usai mengikuti pertemuan koalisi pengusung Ganjar-Mahfud di Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD membenarkan adanya kegiatan makan siang bersama antara Presiden Joko Widodo dan tiga calon presiden yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Agenda makan siang digelar di Istana Merdeka Jakarta pada Senin (30/10).

Mahfud mengatakan Jokowi hanya mengundang para capres tanpa melibatkan calon wakil presiden (cawapres) dari tiap-tiap pasangan. Dia mengatakan bahwa agenda yang bersinggungan dengan calon wakil presiden merupakan kewenangan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Iya benar ada makan siang capres, bukan cawapres. Cawapres kan kaitannya dengan Pak Wapres," kata bakal cawapres Ganjar Pranowo itu di Istana Merdeka Jakarta pada Senin (30/10).

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrat (NasDem) Hermawi Taslim mengatakan pertemuan Jokowi dengan tiga capres akan dibalut dalam silaturahmi dan makan siang bersama.

Hal ini, menurut Hermawi, merupakan bagian dari komitmen Jokowi yang pernah mengatakan mendukung ketiga bakal capres tersebut demi kebaikan bangsa. Adapun agenda makan bersama Jokowi sudah masuk dalam perencanaan kegiatan Anies hari ini.

"Nah siang ini ketiganya diundang ke Istana. Mungkin inilah wujud dukungan yang dimaksud," ujar Hermawi seperti dikutip dari Antara, Senin (30/10).

Tiga pasangan capres dan cawapres sudah menyerahkan berkas pendaftaran ikut Pilpres 2024 kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ketiga pasangan tersebut juga telah menjalani tes kesehatan sebagai salah satu persyaratan menjadi peserta Pemilu tahun depan.

Pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD menyerahkan berkas pendaftaran capres dan cawapres pada hari pertama pembukaan registrasi pada Kamis (19/10).

Selanjutnya menyusul pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka yang menyerahkan berkas ke KPU pada hari terakhir pendaftaran, Rabu (25/10).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...