Survei KIC: 59% Anak Muda Tertarik Politik, Sebagian Mau Jadi Politisi

Muhamad Fajar Riyandanu
31 Oktober 2023, 12:21
survei, kic, politik, anak muda
ANTARA FOTO/Henry Purba/agr/hp.
Peserta kirab membawa bendera partai politik saat acara Kirab Pemilu 2024 di Kota Sukabumi, Jawa Barat, Senin (30/10/2023).

Katadata Insight Center (KIC) merilis hasil survei terkait persepsi anak muda terhadap politik. Temuan survei itu menunjukkan mayoritas anak muda tertarik dengan politik.

Survei yang dilakukan pada 11-17 Oktober 2023 ini menggunakan metode riset kuantitatif oleh data yang dihimpun dari 1.005 responden secara daring. Adapun populasi responden merupakan penduduk Indonesia di 34 provinsi dengan usia 17-42 tahun yang memiliki nomor telepon.

Dari hasil survei, sebanyak 52% atau lebih dari separuh anak muda tertarik dengan politik dan 7,8% sangat tertarik. Sementara hasil lain menyatakan 35,7% anak muda tidak tertarik dengan politik, dan 4,5% sangat tidak tertarik.

Survei juga dilakukan untuk mengetahui model keterlibatan anak muda dalam politik. Adapun, pertanyaan diberikan kepada 59,8% atau 601 responden anak muda yang tertarik dengan politik.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 80,1% tertarik mengikuti berita politik. Kemudian 28,9% tertarik mengawal pemilu baik sebagai saksi, bawaslu, atau mengawasi jalannya pemilu.

Selain itu, sebanyak 15,9% menyatakan tertarik mendukung kampanye salah satu partai atau politisi. Ada juga 8,7% anak muda yang menyampaikan sikap tertarik menjadi anggota partai politik dan 6,9% tertarik menjadi politisi alias nyaleg.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...