Jokowi Groundbreaking Superblok Hotel hingga Mal Milik Pakuwon di IKN

Muhamad Fajar Riyandanu
1 November 2023, 16:40
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Superblok Pakuwon di IKN, Jakarta, Rabu (1/11). Foto: Antara.
Antara
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Superblok Pakuwon di IKN, Jakarta, Rabu (1/11). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan groundbreaking pembangunan proyek superblok milik Pakuwon Group di Ibu Kota Negara (IKN).  Proyek superblok itu terdiri dari bangunan hotel, mal dan apartemen.

Pembangunan proyek superblok yang bernama 'Pakuwon Nusantara' ini berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dengan nilai investasi Rp 5 triliun. Proyek tersebut berdiri di atas lahan seluas 7,2 hektare (ha) yang berlokasi di Kawasan Sumbu Kebangsaan dan tepat di depan Tugu Titik Nol.

"Saya senang PT Pakuwon sudah mendahului,  saya harap akan memberikan gelombang pada yang lain," kata Jokowi saat menyampakan sambutan Groundbreaking Pakuwon Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Rabu (1/11) seperti disiarkan oleh Youtube Sekretariat Preside.

Rencana pembangunan superblok di IKN terdiri dari sebuah pusat perbelanjaan, apartemen, dan 3 hotel. Dengan menggandeng grup Marriott International, proyek Pakuwon Nusantara akan membangun Hotel Four Points by Sheraton. Selain itu, akan ada pusat perbelanjaan, hotel Tribute Portfolio by Marriott, hotel Westin dan ballroom.

Konsep pembangunan pusat perbelanjaan Pakuwon Nusantara ini akan mengusung desain yang menyatu dengan konsep teras langit. Adapun pemandangannya adalah lembah dan sungai yang berada tepat di samping gedung pusat perbelanjaan.

"Saya apresiasi PT Pakuwon yang sudah merancang bangunan seperti yang kita lihat untuk apartemen, hotel, mal," ujar Jokowi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...