Sekolah Internasional Pertama di IKN Mulai Dibangun Hari Ini

Muhamad Fajar Riyandanu
1 November 2023, 17:38
ikn, sekolah, jokowi
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat memulai pembangunan Nusantara Intercultural School di Ibu Kota Nusantara, Kaltim, Rabu (1/11). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan prosesi peletakan batu pertama alias groundbreaking Nusantara Intercultural School (NIS) di Ibu Kota Negara (IKN).  NIS akan menjadi sekolah bertaraf internasional pertama yang dibangun di IKN.

Jokowi mengatakan proyek yang dibangun oleh Jakarta Intercultural School (JIS) itu bakal menjawab kekhawatiran masyarakat yang ingin menetap di IKN, khususnya pada ketersediaan akses pendidikan.

"Jadi yang mau pindah jangan ragu-ragu lagi," kata Jokowi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Rabu (1/11).

Jokowi mengatakan kehadiran Nusantara Intercultural School dapat menjadi ajang promosi pendidikan global berkelas tinggi di IKN. Ia juga berharap ada pilihan pendidikan yang bermutu bagi masyarakat yang berasal dari berbagai daerah, negara dan berbagai latar belakang.

"Komitmen pemerintah untuk menyediakan berbagai fasilitas pendukung ibu kota, termasuk menghadirkan lembaga pendidikan bertaraf internasional," ujar Jokowi.

Pada kunjungan kerja di IKN hari ini, Jokowi telah menghadiri groundbreaking sejumlah proyek. Beberapa di antaranya proyek Bandar Udara IKN, Rumah Sakit Mayapada Internasional Nusantara dan groundbreaking proyek Hotel-Mal Pakuwon Nusantara.

Ground breaking bandara IKN
Ground breaking bandara IKN (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.)

Selain itu, Jokowi juga meresmikan groundbreaking Rumah Sakit Hermina hingga Revitalisasi SD Negeri 020.

Sejumlah proyek ditargetkan rampung dan beroperasi tahun depan, salah satunya Bandara IKN. Nantinya bandara tersebut bisa digunakan untuk pesawan Boeing B 777 dan Airbus A 380. 

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...