Sekjen PDIP Sebut Gibran Sudah 'Dikuningkan' Golkar

Lavinda
Oleh Lavinda
5 November 2023, 16:35
Gibran
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan keterangan pers usai mengikuti rapat konsolidasi Tim Pemenangan Nasional (TPN), Ganjar-Mahfud MD di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu (1/11/2023).

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menegaskan Gibran Rakabuming Raka sudah bukan lagi menjadi bagian keluarga besar PDIP. Pasalnya, putra pertama Presiden Joko Widodo ini sudah menjadi bagian dari Partai Golkar, setelah dicalonkan sebagai bakal calon wakil presiden mendampingi calon presiden Prabowo Subianto.

"Kami sudah menerima telepon dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bahwa Mas Gibran ini 'dikuningkan' di Golkar, maka otomatis Gibran karena mencalonkan bersama Prabowo sudah tidak menjadi bagian dari keluarga PDIP lagi," ujarnya saat ditanya terkait status Gibran di PDIP usai membuka Rapat Koordinasi Daerah DPD PDIP Nusa Tenggara Barat seperti dikutip Antara, Minggu (5/11).

Berdasarkan konstitusi, capres dan cawapres diusung oleh partai politik atau gabungan parpol. Menurut Hasto, PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo sudah mengusung Ganjar-Mahfud MD.

Dengan demikian, berdasarkan Undang-undang Parpol, seseorang tidak bisa diusung parpol yang berbeda karena ini bisa menyebabkan gugurnya seseorang ketika memiliki Kartu Anggota (KTA) ganda.

"Ini juga diatur dalam pilkada, sehingga di dalam pilpres pun calon presiden dan calon wakil presiden memiliki KTA ganda maka tidak bisa dicalonkan," kata Hasto.

Menurut dia, Gibran sudah mengirimkan surat pengunduran diri, sehingga secara etika politik terpenuhi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...