Elektabilitas Ganjar - Mahfud Unggul di Survei Terbaru Charta Politika

Amelia Yesidora
6 November 2023, 17:40
Bakal calon presiden Ganjar Pranowo memberikan pidato pada acara deklarasi Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Jateng di GOR Jatidiri, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (4/11/2023).
ANTARA FOTO/Wawan Hadi/ast/rwa.
Bakal calon presiden Ganjar Pranowo memberikan pidato pada acara deklarasi Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Jateng di GOR Jatidiri, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (4/11/2023).

Survei terbaru yang dirilis Charta Politika menunjukkan elektabiltas pasangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD bersaing ketat dengan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming. Nilai elektabilitas Ganjar – Mahfud unggul tipis di tingkat 36,8 persen sedangkan Prabowo – Gibran di tingkat 34,7 persen.

Adapun, pasangan Anies Baswedan–Muhaimin Iskandar memiliki tingkat elektabilitas 24,3 persen. “Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto cukup ketat bersaing pada pilihan tertinggi publik terkait calon Presiden. Elektabilitas keduanya terpaut cukup jauh di atas Anies Baswedan,” bunyi laporan survei yang dirilis pada Senin (6/11) ini.

Tingkat elektabilitas Ganjar paling unggul berada di angka 36,9 persen, sedangkan Prabowo 35,3 persen dan Anies 24,3 persen. Di tingkat wakil presiden, Mahfud MD memimpin dengan elektabilitas 34,8 persen, Gibran 32 persen, dan Muhaimin Iskandar 20,9 persen.

Angka elektabilitas tersebut diperoleh melalui simulasi tiga nama yang dilaksanakan dalam periode 26 hingga 31 Oktober 2023. Dari 2.400 responden yang diwawancara, masih ada 3,5 persen responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Menurut laporan itu, angka undecided voter alias pemilih yang belum menentukan pilihannya, sudah rendah karena berada di bawah 5 persen. Adapun, survei ini memiliki margin of error 2 persen.

Bila melihat tren data, belum ada peningkatan signifikan dari elektabilitas di ketiga kandidat. Meski begitu, terlihat elektabilitas Ganjar–Mahfud meningkat tipis dari 34,8 persen pada survei yang dilakukan pekan kedua Oktober lalu.

Begitu juga dengan Prabowo yang meningkat dari 33,2 persen menjadi 34,7 persen. Hanya pasangan Anies–Cak Imin yang elektabilitasnya turun dari 25,8 persen ke 24,3 persen.

Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...