PDIP: Megawati-Jokowi Sepakat Usung Ganjar Jadi Capres Sejak 18 Maret

Yuliawati
Oleh Yuliawati
2 November 2023, 21:01
Bacapres PDIP Ganjar Pranowo, Presiden Joko Widodo, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan armada mobil bioskop keliling di acara pembukaan Rapat Kerja Nasional di
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Bacapres PDIP Ganjar Pranowo, Presiden Joko Widodo, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan armada mobil bioskop keliling di acara pembukaan Rapat Kerja Nasional di Rakernas PDIP di Jakarta, Jumat (29/9).

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI Joko Widodo telah menyepakati untuk mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai bakal capres di Pilpres 2024.

Kesepakatan itu saat keduanya bertemu pada Sabtu, 18 Maret 2023. Sekretaris Kabinet Pramono Anung juga ikut dalam pertemuan ini.

"Ada pertemuan dua hingga tiga jam dengan Bu Mega. Satu jam kami ikut mendampingi bersama Mas Pramono Anung. Di situ sebenarnya sudah disepakati untuk mencalonkan Pak Ganjar Pranowo," ujar Hasto di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (2/11).

Jokowi juga sempat menyinggung sosok pemimpin berambut putih saat bertemu relawan di GBK pada Sabtu, 26 November 2022. Hasto menilai kode ini juga sejalan dengan kesepakatan yang dibuat bersama Megawati pada Maret lalu.

"Pak Ganjar lahir kan yang mengatakan rambut putih siapa? Kan itu dicatat oleh rakyat," katanya.

Ia menuturkan Megawati resmi mengumumkan Ganjar sebagai bakal capres dari PDIP pada Jumat (21/4) lalu. Jokowi pun turut hadir dalam deklarasi itu bersama sejumlah elite PDIP lain.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...