Jokowi Resmikan Kantor FIFA di Jakarta

Muhamad Fajar Riyandanu
10 November 2023, 17:17
Penanda kantor FIFA Jakarta terpasang usai peresmian di depan Menara Mandiri II, Jakarta, Jumat (10/11/2023).
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Penanda kantor FIFA Jakarta terpasang usai peresmian di depan Menara Mandiri II, Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan kantor Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) di Indonesia yang terletak di Menara Mandiri, Kawasan Niaga Terpadu Sudirman atau Sudirman Central Business District (SCBD) pada Jumat (10/11). Turut hadir Presiden FIFA Giovanni Vincenzo Infantino alias Gianni Infantino pada peresmian tersebut.

Jokowi mengatakan pengadaan kantor FIFA di Jakarta merupakan komitmen Indonesia untuk mendukung iklim sepakbola nasional yang tertib. Kehadiran kantor cabang tersebut diharap dapat memberi dukungan terhadap manajemen pertandingan, tata kelola keamanan, tata kelola perwasitan dan manajemen keamanan pertandingan liga domestik maupun ajang internasional.

"Ini adalah Kantor Asia Hub, kita harapkan dukungan dan panduan FIFA dan ini saya kira betul-betul kita memulai sebuah babak baru persepakbolaan Indonesia," kata Jokowi.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi melaporkan sejumlah langkah perbaikan situasi persepakbolaan Indonesia yang mencakup perwasitan, infrastruktur stadion hingga tata kelola atau manajemen pertandingan. "Urusan perwasitan sudah diperbaiki, 30 stadion sudah mulai direvitalisasi. Ini beriringan dengan tata kelola dan manajemen yang ada dan didukung oleh FIFA," ujar Jokowi.

Di sisi lain, Gianni menyampaikan pembangunan Kantor FIFA di Jakarta dapat memberikan pengaruh positif bagi situasi persepakbolaan Asia Tenggara dan Asia Timur. Selain itu, Keberadaan kantor FIFA Jakarta juga dipercaya mampu menjadi pusat pengembangan persepakbolaan wanita dan pria di wilayah kawasan.

"Saat ini hanya ada kantor satu lantai yang menampung sekitar 20-30 orang, tapi kemudian kami berencana untuk menjadi lebih besar karena Indonesia adalah negara besar, negara sepak bola," kata Gianni.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...