PUPR Siapkan Rp 6 M, Ganti Rumput JIS yang Tidak Sesuai Standar FIFA

Tia Dwitiani Komalasari
5 Juli 2023, 06:45
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo (kedua kanan) meninjau Stadion Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023). Menpora meninjau kesiapan Stadion JIS untuk diajukan kepada FIFA sebagai salah satu
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo (kedua kanan) meninjau Stadion Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023). Menpora meninjau kesiapan Stadion JIS untuk diajukan kepada FIFA sebagai salah satu lokasi Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR mulai merenovasi Jakarta International Stadium atau JIS untuk mendukung perhelatan Piala Dunia U-17. Renovasi tersebut ditargetkan selesai dalam kurun waktu tiga bulan dan menghabiskan anggaran Rp 6 miliar untuk penggantian rumput.

"Untuk perencanaan renovasi sudah kita mulai pada hari ini, waktu tiga bulan merupakan waktu tidak lama. Kita mulai perencanaannya dari sekarang untuk rencana kerjanya, kemudian kita harapkan renovasi JIS dapat selesai dalam tiga bulan," kata Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjadja di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Rabu (5/7).

Setelah renovasi selesai, dia mengatakan, Komite Keselamatan Gedung akan mengecek kelayakan JIS. Selanjutnya, FIFA akan menilai kelayakan JIS untuk Piala Dunia U-17.

Dia mengatakan, JIS perlu perbaikan sejumlah aspek, terutama rumput, akses, parkir. Perbaikan itu termasuk di luar stadion seperti stasiun atau terminal sementara untuk kereta api, ramp tol, dan Jembatan Penyeberangan Orang dari Ancol.

"Kita punya benchmark stadion berstandar FIFA di Gelora Bung Karno dan saya kira kita juga melihat masukan dari pakar yang memang selama ini membantu kita dalam menyiapkan standar-standar stadion untuk perhelatan internasional, seperti Piala Dunia U-20," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...