Bareskrim Periksa Direktur Gratifikasi KPK Usut Dugaan Pemerasan Limpo

Ira Guslina Sufa
15 November 2023, 10:29
Bareskrim
ANTARA FOTO/Reno Esnir/tom.
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak (tengah) menjawab pertanyaan wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Penyidik gabungan Polda Metro Jaya dan Dirtipikor Bareskrim Polri memeriksa Direktur Gratifikasi dan Pelayanan Publik Komisi Pemberantasan Korupsi Herda Helmijaya. Herda diperiksa terkait kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo oleh Ketua KPK Firli Bahuri.

Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Kombes Pol. Arief Adiharsa di Jakarta, Rabu membenarkan rencana pemeriksaan itu. Ia menyebut pemeriksaan Herda dijadwalkan berlangsung pada pukul 10.00 WIB dan berlangsung di Bareskrim Polri.

Secara terpisah, Direktur Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menyebut pihaknya hari ini memeriksa dua saksi. Kedua saksi ini kata dia, diperiksa terpisah. Satu saksi di Bareskrim dan satu saksi di Polda Metro Jaya.

"Ada satu pemeriksaan saksi pegawai KPK RI di Dittipidkor Bareskrim dan satu pemeriksaan saksi di Subdit Tipikor Ditreskrimsus PMJ," kata Ade.

Dalam perkara dugaan pemerasan terhadap Syahrul Limpo ini penyidik gabungan telah memeriksa 86 saksi dan delapan ahli. Sejumlah saksi yang telah dipanggil dan diperiksa antara lain mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), sopir pribadi SYL dan ajudan pribadi SYL serta Ketua KPK Firli Bahuri.

Kemudian Direktur Pelayanan Pelaporan dan Pengaduan Masyarakat (Dumas) KPK Tomi Murtomo, ajudan Ketua KPK Firli Bahuri, Kevin Egananta, Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar. Selain itu kepolisian juga telah memeriksa Ketua Harian Pengurus Provinsi (PP) PBSI DKI Jakarta Tirta Juwana Darmadji (Alex Tirta), Wakil Ketua KPK periode 2007-2011 Mochammad Jasin, Wakil Ketua KPK periode 2015-2019 Saut Situmorang.

Firli Diperiksa Lagi Kamis

Ade juga mengatakan Polda Metro Jaya telah menjadwalkan ulang pemeriksaan Firli Bahuri pada pada Kamis (16/11). Sebelumnya pemeriksaan dijadwalkan berlangsung Selasa (14/11) namun tidak dihadiri Firli lantaran ia juga mengikuti pemeriksaan oleh Dewan Pengawas KPK yang berlangsung pada hari yang sama. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...