Enam Rekomendasi Destinasi Wisata Libur Akhir Tahun

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
27 November 2023, 14:41
Enam Rekomendasi Destinasi Wisata Libur Akhir Tahun
Katadata

Menjelang liburan akhir tahun, para orang tua tentunya sudah bersiap-siap untuk merencanakan pilihan wisata untuk membuat si kecil senang. Tidak hanya dengan si kecil, namun berlibur dengan keluarga besar dan membuat memori menyenangkan bersama menjadi tujuan utamanya.

Menjamurnya pilihan tempat wisata liburan saat ini, tidak jarang membuat para orang tua bingung  untuk menentukan pilihan yang menyenangkan bagi keluarga serta edukatif untuk sang anak. Berikut ini enam  rekomendasi destinasi wisata liburan akhir tahun keluarga daerah Jakarta, Bogor dan sekitarnya:

  1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor yang terletak di pusat Kota Bogor merupakan kebun konservasi yang masih merupakan peninggalan sejarah Belanda. Tidak hanya menjadi tempat konservasi dan penelitian bagi beberapa tumbuhan namun juga menjadi salah satu tempat rekreasi yang edukatif untuk mengenalkan si kecil dengan berbagai jenis tumbuhan mulai dari yang bisa dilihat di pekarangan rumah hingga yang bermekaran empat tahun sekali seperti Rafflesia Arnoldi. Tak perlu khawatir kelelahan, pengunjung juga dapat berkeliling Kebun Raya dengan menyewa sepeda, skuter, golf car, hingga shuttle bus dengan tambahan biaya.

Selain itu, apabila dibutuhkan pemandu untuk mengenal lebih dalam mengenai tumbuh-tumbuhan serta beberapa monumen di Kebun Raya, maka tersedia juga paket Tour de Kebun Raya grup dengan maksimal 10 orang yang tersedia pada jam khusus seperti jam 09.00 - 10.00 WIB untuk historical site tour, jam 10.00-11.00 WIB untuk interesting collection site tour, dan 11.00-12.00 WIB untuk eco tree site. Tidak hanya itu saja, pengunjung juga dapat mengunjungi Museum Zoologi yang telah terintegrasi dengan Kebun Raya Bogor dengan tiket tambahan sebesar Rp 15.000/tiket untuk melihat berbagai macam koleksi fauna yang telah diawetkan.

  1. Taman Margasatwa Ragunan

​​

Letaknya yang berada di Jakarta Selatan, membuat Taman Margasatwa Ragunan juga menjadi salah satu pilihan destinasi keluarga yang tak boleh luput dari pilihan keluarga. Terdapat 2.009 satwa dan 20.000 pohon dari beragam spesies menjadikan Ragunan menjadi salah satu sarana edukasi flora dan fauna pilihan keluarga. Taman Margasatwa Ragunan terdiri dari beberapa bagian seperti Pusat Primata Schmutzer, Taman Refleksi, Taman Satwa Anak.

Terdapat juga pentas satwa yang dapat disaksikan pada jam-jam tertentu mulai dari atraksi Kakatua yang bermain gelang warna-warni bahkan hingga beruang yang menaiki sepeda. Jangan lewatkan momen pemberian makan binatang mulai dari Komodo hingga Gorilla yang dimulai sejak jam 12.00 - 15.00 WIB. Jika sudah puas melihat-lihat koleksi fauna yang ada di Taman Margasatwa Ragunan, pengunjung masih dapat menikmati sarana rekreasi lainnya dengan hewan seperti menunggangi gajah, unta, hingga kuda. Disediakan juga penyediaan sepeda dan kereta keliling apabila telah lelah berjalan kaki yang semuanya dapat dinikmati dengan membayar tiket terusan. Jangan lupa, pastikan telah memiliki JakCard, untuk dapat membeli tiket dan memasuki area Taman Margasatwa Ragunan.

  1. Trans Studio Cibubur

Terletak di Trans Studio Mall Cibubur,  dan dapat diakses menggunakan LRT. Trans Studio Cibubur merupakan indoor theme park yang tepat sebagai pilihan destinasi liburan akhir tahun keluarga. Cocok  untuk segala kalangan usia, baik dari anak-anak hingga dewasa bahkan teman disabilitas sekali pun. Sesuai dengan slogannya, Bringing Imagination to Life, saat pengunjung masuk akan segera disuguhkan dengan suasana stasiun kereta yang siap membawa Anda dan keluarga untuk menjelajah ruang dan waktu demi mendapat pengalaman yang tak terlupakan.

Terdiri dari 5 zona, Trans Studio Cibubur memiliki  puluhan wahana seru untuk dinikmati bersama keluarga. Untuk wahana favorit yang aman untuk si kecil, orang tua dapat menikmati Magic Ball, Drift Car, Rock In Tug, Snow Playground, bahkan hingga wahana edukatif seperti Science Center dimana di dalamnya pengunjung bisa bermain sekaligus belajar tentang robot, dunia serangga, dunia air, hingga Tsunami. Sedangkan untuk para anggota keluarga yang ingin memacu adrenalin mereka, wahana yang harus dicoba adalah Boomerang Coaster, Alien Taxi, Jurassic Island, Bat Glider dan Gravitron.

“Di Trans Studio Cibubur, kami memastikan keselamatan dan kenyamanan para pengunjung adalah hal yang utama. Oleh karena itu, kami memberikan panduan bermain di setiap wahana, seperti ketentuan tinggi badan yang berlaku serta hal yang perlu diperhatikan untuk menaiki wahana pada kondisi tertentu, contohnya ibu hamil. Masalah kebersihan juga jadi fokus utama kami, sehingga kami selalu mengecek dan membersihkan wahana secara berkala. Di liburan akhir tahun, tentunya kami berharap Trans Studio Cibubur bisa menjadi destinasi liburan akhir tahun untuk keluarga yang aman, nyaman dan menyenangkan, dengan adanya persembahan spesial di akhir tahun nanti,” ujar Triya Filia Santi, Head of Marketing Communications dari Trans Entertainment. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...