Kritik Prabowo, Forum Pendiri Demokrat Alihkan Dukungan ke Ganjar

Ade Rosman
28 November 2023, 16:26
prabowo, ganjar, demokrat
Katadata
Forum Komunikasi Lintas Pendiri Deklarator dan Kader (FKLPDK) mengalihkan dukungan pada Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Jakarta, Selasa (22/11). Foto: Ade Rosman.

Ormas Forum Komunikasi Lintas Pendiri Deklarator dan Kader (FKLPDK) mengalihkan dukungan pada Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Sebelumnya, mereka mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada pertengahan September 2023 lalu.

Ketua Umum FKLPDK Sahat Saragih mengatakan, salah satu alasan mengalihkan dukungan lantaran menganggap Prabowo tak memiliki kepercayaan diri. Menurutnya,  citra Prabowo sangat tergantung dari dukungan penguasa.

"Karena Prabowo sangat tergantung pada dukungan penguasa, itu artinya Prabowo tidak memiliki kepercayaan diri," kata Sahat saat deklarasi dukungan untuk Ganjar-Mahfud di kawasan Jakarta Timur, Selasa (28/11). Hadir dalam deklarasi tersebut, Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Mahfud yakni Arsjad Rasjid.

Sahat mengatakan, FKLPDK menilai sikap Prabowo itu menghadirkan efek yang berdampak pada tatanan hukum. "Akibatnya, penguasa bernafsu untuk mempertahankan kekuasaannya melalui anak sulungnya," katanya.

Sahat juga mengungkit sejumlah rentetan peristiwa, dimulai dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengubah batas minimal calon presiden dan wakil presiden, sehingga meloloskan Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres Prabowo.

Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka
Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka (Antara/ Agung Rajasa/YU)

Setelah itu, Majelis Kehormatan MK (MKMK) menyatakan Ketua MK Anwar Usman melakukan pelanggaran etik. Anwar, yang juga merupakan adik ipar Presiden Joko Widodo itu diberhentikan dari posisinya sebagai Ketua MK.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...