Top News: Istana Respons Kritik Megawati, 6 Komisaris BUMN Mundur

Aryo Widhy Wicaksono
29 November 2023, 05:40
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan pidato untuk pembekalan bagi relawan di acara Rakornas relawan se-Jawa di Jakarta, senin (27/11/2023).
ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/nz.
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan pidato untuk pembekalan bagi relawan di acara Rakornas relawan se-Jawa di Jakarta, senin (27/11/2023).

Istana menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, yang menilai ada pihak-pihak tertentu ingin membangkitkan tradisi politik Orde Baru (Orba).

Megawati menyampaikan hal ini saat memberikan pembekalan kepada relawan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di JIExpo, Jakarta, Senin (27/11).

Menurut Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, Indonesia merupakan negara yang menjunjung nilai dan semangat demokrasi. Hal ini memberikan semua kesempatan untuk mengungkapkan opini mereka.

Reaksi Istana menanggapi pernyataan Megawati menjadi salah satu artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id. Selain respons Istana, simak juga bagaimana komisaris BUMN ramai-ramai mengundurkan diri, serta perubahan sikap Elon Musk terkait penyediaan internet di Gaza.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Megawati Sindir Kekuasaan Serupa Orde Baru, Ini Respons Istana

Istana buka suara soal pernyataan Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri yang menilai ada pihak tertentu yang ingin membangkitkan tradisi politik Orde Baru (Orba) saat ini.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, mengatakan Indonesia merupakan negara yang menjunjung nilai dan semangat demokrasi. Oleh sebab itu, semua orang bisa memberikan opininya.

"Indonesia itu negara demokrasi, semua orang bisa berpendapat dan membuat penilaian," kata Ari di Kantor Kementerian Sekretariat Negara pada Selasa (28/11).

Ari mengatakan pemerintah terbuka dengan segala penilaian pihak tertentu terhadap kinerja pemerintah saat ini. "Saya kira itu cermin negara demokrasi," ujar Ari.

2. TikTok Dikabarkan Kaji Suntik GoTo Gojek Tokopedia, BKPM: Silakan

TikTok dikabarkan mempertimbangkan untuk berinvestasi di GoTo Gojek Tokopedia dengan membentuk perusahaan patungan alias joint venture. Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan pemerintah mempersilakan TikTok berkolaborasi secara bisnis dengan investor atau perusahaan dalam negeri.

"Silakan saja selama itu B to B atau business to business ya. Kami tak boleh intervensi," kata Bahlil di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin malam (27/11).

Bahlil sudah mendengar rencana TikTok berinvestasi di GoTo Gojek Tokopedia. Namun dia belum menerima laporan secara teknis.

Menurut dia, pemerintah tidak mempersoalkan kolaborasi TikTok dengan GoTo Gojek Tokopedia sepanjang tak mengganggu garis kebijakan.

3. Transaksi TikTok dan Tokopedia Diramal Rp 610 Triliun, Monopoli?

TikTok dikabarkan mempertimbangkan untuk berinvestasi di GoTo Gojek Tokopedia dalam bentuk perusahaan patungan atau joint venture. Transaksi gabungan keduanya diramal Rp 610 triliun. Apakah berpotensi monopoli?

Perkiraan transaksi itu merujuk pada laporan perusahaan venture builder yang berbasis di Singapura Momentum Works pada Oktober terkait proyeksi persentase transaksi atau GMV e-commerce di Asia Tenggara.

Rinciannya sebagai berikut:

  • TikTok Shop 13,9%
  • Shopee 45,9%
  • Tokopedia 14,2%
  • Lazada 17,5%
  • Lainnya 8,6%

4. Komisaris BUMN Ramai-ramai Mundur Usai Jadi Timses, Ini Daftarnya

Sejumlah komisaris Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengundurkan diri dari jabatannya. Penyebabnya, para komisaris tersebut masuk ke dalam tim sukses atau timses pasangan calon presiden dan wakil presiden periode 2024-2029.

Direktur Eksekutif Sinergi BUMN Institute Achmad Yunus mengatakan, fenomena ini menjadi bukti jika banyak komisaris BUMN berlatar belakang politik. Menurutnya, pengunduran diri sejumlah komiaris pelat merah merupakan hal yang positif.

"Mundurnya komisaris maupun wakil BUMN tidak berpengaruh signifikan terhadap keberlangsungan perusahaan BUMN," kata Achmad ketika dihubungi Katadata.co.id, Selasa (28/11).

Komisaris yang memilih mundur, dinilai Achmad dapat mengurangi politisasi di lingkungan BUMN. Namun demikian, menurutnya masih begitu banyak petinggi BUMN yang tidak memiliki kesadaran diri untuk mundur, walaupun menjadi pendukung salah satu pasangan capres dan cawapres.

5. Ditinggal Pengiklan soal Anti-Yahudi, Elon Musk Batalkan Internet Gaza

X Twitter ditinggal oleh lebih dari 200 pengiklan setelah Elon Musk disebut anti-Yahudi. Orang terkaya di dunia ini pun menyetujui permintaan Israel untuk menon-aktifkan satelit Starlink di jalur Gaza.

Pada akhir Oktober, Elon Musk menyatakan bakal mendukung saluran komunikasi di Gaza melalui layanan satelit Starlink bagi organisasi bantuan yang diakui secara internasional.

Namun kemudian Elon Musk disebut mendukung teori konspirasi Anti-Semitisme atau anti-Yahudi setelah menanggapi salah satu cuitan netizen di X Twitter.

Teori konspirasi antisemitisme mengatakan bahwa Yahudi ingin membawa populasi minoritas tidak terdokumentasi ke negara-negara Barat untuk mengurangi mayoritas kulit putih.

 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...