Jokowi Serahkan Daftar Belanja Pusat dan Daerah, Minta Tak Ada Korupsi

Muhamad Fajar Riyandanu
29 November 2023, 13:51
jokowi, apbn, dipa, korupsi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato saat peresmian kantor FIFA di Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun 2024. Penyerahan dilakukan secara digital di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (29/11).

Dalam sambutannya, Jokowi meminta anggaran yang diberikan pusat digunakan secara disiplin dan tepat sasaran. Presiden juga meminta anggaran digunakan secara transparan.

Advertisement

"Jangan buka celah sedikit pun untuk penyalahgunaan anggaran, apalagi korupsi," kata Jokowi di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu (29/11).

Jokowi juga meminta pemerintah daerah menyelaraskan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (ABPD) dengan kebijakan pembangunan pemerintah pusat.

Langkah tersebut dinilai efektif untuk mengakselerasi progres pembangunan infastruktur vital di daerah. Jokowi meminta kepada kepala daerah untuk menggunakan APBD untuk membangun fasilitas pendukung dari infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah pusat.

Jokowi mencontohkan, pemda harus berinisiatif untuk menyiapkan saluran irigasi saat pemerintah pusat membangun waduk. Selain itu, Jokowi juga memberi instruksi kepada pemda untuk membangun jalan kabupaten/kota untuk mengoneksikan pelabuhan yang dibangun oleh pemerintah pusat.

"Lalu jalan tol. Mestinya pemerintah provinsi, kabupaten atau kota menyambungkannya dengan kawasan industri, kawasan wisata, pertanian, perkebunan. Ini yang perlu saya tekankan," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement