Titik-titik Lokasi Mogok Nasional Buruh 30 November

Agustiyanti
30 November 2023, 10:02
mogok nasional, buruh, mogok nasional buruh
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/aww.
Ilustrasi. Ratusan ribu menggelar mogok nasional pada 30 November 2023.

Ratusan ribu buruh akan menggelar mogok nasional pada hari ini, Kamis (30/11) mulai pukul 09.00 di kota-kota industri di seluruh Indonesia. Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia menyebut aksi ini dilakukan untuk memastikan para gubernur tidak menetapkan kenaikan upah minimum kabupaten/kota (UMK) berbeda dari yang telah direkomendasikan bupati/walikota. 

Ia mengatakan, aksi mogok nasional hari ini adalah awalan. Dengan demikian, jumlah buruh yang berpartisipasi belum akan mencapai sekitar 5 juta buruh seperti yang sempat disampaikannya saat menjelaskan rencana mogok nasional buruh terkait upah minimum.

"Ini adalah mogok nasional awal. Nanti akan kami lihat seperti apa keputusan para gubernur. Kalau tidak sesuai, mungkin mogok nasional akan berlanjut besok," ujar Ketua KSPI Said Iqbal dalam konferensi pers, Rabu (29/11). 

Iqbal mengatakan, pihaknya menuntut agar para gubernur tidak mengubah besaran kenaikan upah minimum kabupaten/kota (UMK) yang telah direkomendasikan bupati/walikota. Menurut dia, keputusan UMK di tingkat kabupaten/kota merupakan hasil kesepakatan bersama antara pemerintah, buruh, dan pengusaha. Hal ini berbeda dengan ketetapan upah minimum provinsi atau UMP yang tidak melibatkan buruh.

Pemerintah kabupaten/kota yang  industri, terutama di Jawa Barat merekomendasikan kenaikan UMK mencapai di atas 10%. Pemerintah Kota Bandung mengusulkan kenaikan UMK paling tinggi sebesar 17%, disusul Kabupaten Bandung 15,81%, Kabupaten Bandung Barat 14,81% Kabupaten dan Kota Bekasi sebesar 14%, Karawang sebesar 13%. 

Selain menuntut agar kenaikan UMK berdasarkan rekomendasi bupati/walikota ditetapkan gubernur, para buruh juga menuntut pemerintah provinsi DKI Jakarta merevisi kenaikan UMP menjadi 15%. Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono sebelumnya menetapkan UMP Jakarta hanya naik 3,6% menjadi Rp 5,06 juta. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...