Mendag Cek Harga Pangan di Pasar: Masih Terjangkau, Meski Cabai Mahal

Agustiyanti
30 November 2023, 12:32
mendag, pasar, harga pangan, kemendag
ANTARA/Adimas Raditya
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat meninjau ketersediaan pasokan dan harga kebutuhan pokok di Pasar Senen, Jakarta Pusat pada Kamis (30/11/2023). (ANTARA/Adimas Raditya)

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyatakan bahwa sejumlah harga pangan, terutama di Jakarta cenderung stabil. Menurut dia, masyarakat tetap dapat membeli pangan dengan harga yang terjangkau.

"Harga-harga kebutuhan pokok di Jakarta stabil. Telur harganya stabil masih di bawah harga acuan pemerintah," kata Zulkifli Hasan usai meninjau Pasar Senen, Jakarta Pusat pada Kamis (30/11).

Zulkifli menjelaskan, beberapa kebutuhan pokok di antaranya telur dijual dengan harga sekitar Rp 26.500 hingga Rp 27.000 per kilogram, sedangkan harga acuan pemerintah ditetapkan Rp 28.000 per kilogram.

Ia juga memantau harga daging ayam yang dijual antara Rp 33.000 hingga Rp 35.000 per ekor, bawang putih  Rp 32.000 hingga Rp 33.000 per kilogram, serta bawang merah Rp30.000 hingga Rp35.000 per kilogram.

Menurut Ketua Umum PAN ini,  harga minyak goreng, daging dan beras di pasar juga masih normal. Menurut dia, masyarakat memiliki pilihan untuk membeli beras apabila harga beras premium dianggap cukup tinggi.

"Belum turun, tetapi masyarakat memiliki pilihan. Kalau masyarakat keberatan dengan harga premium, bisa membeli beras Bulog yang harganya Rp 11.000 per. kilogram," katanya.

Di sisi lain, Zulkifli mengatakan, harga cabai di Jakarta cukup tinggi lantaran. Menurut dia, ini terjadi karena Jakarta cukup jauh dari wilayah produksi cabai sehingga memerlukan biaya tambahan dalam pengiriman.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...