Anies Kenalkan Konsep Pasar AMIN untuk Atasi Mahalnya Harga Pangan

Amelia Yesidora
6 Desember 2023, 13:36
Anies Baswedan
ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/aww.
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan berswafoto bersama relawan seusai kampanye di Gor Gondrong, Cipondoh, Kota Tangerang, Sabtu (2/12/2023).

Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan mengenalkan program ‘Pasar AMIN’ untuk mengatasi keluhan masyarakat akan mahalnya harga pangan. Hal ini ia ucapkan saat berkunjung ke Pasar Minggu Bengkulu, Rabu (6/12). 

Calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan dan Persatuan itu bercerita, pedagang dan pembeli di Pasar Minggu Bengkulu mengeluhkan mahalnya harga kebutuhan pokok. Karena itu ia meyakini Pasar AMIN akan menjadi jawaban bagi keluhan masyarakat. Meski demikian, pelaksanaan konsep pasar AMIN ini akan berbeda di tiap daerah. 

Pasar AMIN sendiri adalah akronim dari alhamdulilah laris, modalnya gampang, irit biayanya, nyaman tokonya. “Karena itu kami canangkan program Pasar AMIN, para pedagang punya akses kredit lebih mudah,” kata Anies seperti dikutip, Rabu (6/12). 

Ada tiga poin yang ia gagas dalam Pasar AMIN ini. Pertama, memudahkan akses kredit bagi para pedagang. Menurut Anies saat ini akses kredit lebih mudah bagi usaha besar, bukan usaha kecil dan menengah seperti pedagang pasar. 

Poin kedua menurut Anies berkaitan dengan pengelolaan pasar. Ia ingin menjaga ciri khas pasar tradisional, namun tetap terjaga kebersihan dan kenyamanannya. 

Adapun poin ketiga berkaitan dengan reformasi tata niaga pasar. Anies melihat saat ini harga bahan pokok bisa mahal karena panjangnya rantai distribusi. Selisih harga dari petani dengan pasar bisa jauh, salah satunya karena ada tengkulak. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...