Top News: GPF Lepas Jutaan Saham GOTO, Pengusaha di Belakang Capres

Aryo Widhy Wicaksono
7 Desember 2023, 05:40
Ilustrasi GoTo
Katadata
Ilustrasi GoTo

Goto Peopleverse Fund (GPF) kembali memangkas porsi kepemilikan sahamnya di perusahaan teknologi, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), dengan melepas 134,72 juta lembar saham.

Aksi lego saham itu menyebabkan porsi kepemilikan saham GPF di perusahaan gabungan Gojek dan Tokopedia ini, tinggal menyisakan 5,62% atau sebanyak 67,48 miliar saham dari sebelumnya sebanyak 5,63% atau 67,62 miliar saham.

Advertisement

Aksi GPF melepas saham GOTO menjadi salah satu konten terpopuler pada Rabu (11/6). Selain aksi ini simak juga deretan pengusaha di balik pertaringan para capres, serta profil dan kekayaan Marthinus Hukom, kepala BNN yang baru.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. GPF Kembali Pangkas Kepemilikan 134 Juta Saham GOTO

Goto Peopleverse Fund (GPF) kembali memangkas porsi kepemilikan sahamnya di perusahaan teknologi, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Berdasarkan publikasi Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mengenai laporan investor dengan kepemilikan saham di atas 5% pada 4 Desember 2023, GPF melepas sebanyak 134,72 juta lembar saham di GOTO.

Aksi lego saham itu menyebabkan porsi kepemilikan saham GPF di perusahaan gabungan Gojek dan Tokopedia menyusut menjadi tinggal 5,62% atau sebanyak 67,48 miliar saham dari sebelumnya sebanyak 5,63% atau 67,62 miliar saham.

Pada Rabu ini (6/12), saham GOTO terpantau mengalami koreksi 5,94% ke level Rp 95 per saham dari posisi penutupan Selasa kemarin Rp 101 per saham dengan nilai transaksi senilai Rp 1,76 triliun.

Pada awal perdagangan hari ini, saham GOTO sempat berada di zona hijau dengan level Rp 103 per saham sebagai level tertinggi. Namun saham GOTO tidak dapat mempertahankan penguatannya hingga tergelincir ke level Rp 94 per saham sebagai level terendah.

2. TikTok Disebut Gaet Tokopedia Minggu Depan, Lampu Hijau dari 4 Menteri

TikTok Shop dikabarkan telah mencapai kesepakatan untuk berinvestasi di unit e-commerce GoTo Gojek Tokopedia. Kerja sama ini sebenarnya sudah mendapatkan 'lampu hijau' dari setidaknya empat kementerian.

“TikTok Shop setuju untuk bekerja sama dengan Tokopedia milik GoTo di beberapa wilayah, ketimbang bersaing langsung,” kata beberapa sumber Bloomberg yang mengetahui perjanjian tersebut, dikutip Selasa (5/12).

Jika itu terwujud, maka ini akan menjadi pelopor pola kerja sama e-commerce di Asia Tenggara. “TikTok dan GoTo Gojek Tokopedia akan mengumumkan rincian kerja sama tersebut secepatnya pada minggu depan,” kata salah satu sumber.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement