Ganjar Kampanye di Kalimantan, Janjikan Internet Gratis di Sekolah

Ade Rosman
7 Desember 2023, 21:55
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berpose dengan latar belakang pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (7/12/2023). Kunjungan Ganjar Pranowo tersebut seb
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berpose dengan latar belakang pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (7/12/2023). Kunjungan Ganjar Pranowo tersebut sebagai wujud komitmennya melanjutkan pembangunan IKN, apabila dirinya dan Cawapres Mahfud MD memenangkan Pilpres 2024.

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menjanjikan layanan internet berkecepatan tinggi gratis di sekolah jika terpilih menjadi Presiden. Hal itu ditujukan untuk mendukung kemajuan pendidikan dan industri kreatif.

Pernyataan itu diucapkan Ganjar usai menghadiri acara bertajuk “Gratisin! Internet Gratis dan Super Cepat” di Hotel Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (07/12).

“Internet gratis untuk sekolahan dan percepatan pembangunan infrastruktur termasuk kecepatan internet," kata Ganjar dalam keterangannya, Kamis (7/12).

Ganjar berpandangan, akses internet penting untuk menopang pertumbuhan industri kreatif dan menambah literasi digital.

Selain di sekolah, Ganjar juga menjanjikan internet cepat di ruang publik. Namun, fokus utama yang akan disediakan yaitu di lingkungan sekolah.

“Ada anak muda yang berbakat yang ingin berkontribusi. Ada anak muda yang berbakat, ada kesempatan yang harus diraih, tapi harus ada keterampilan dan pengetahuan yang cukup. Dan semua itu bisa didapatkan kalau kemudian kita belajar. Belajar itu macam-macam, bisa formal, non-formal tapi satu yang bisa kita dorong, yaitu internet”, katanya.

Di sisi lain, Ganjar menyebut perlunya pengawasan orang tua lantaran adanya potensi dampak negatif dari penggunaan internet.

“Orang tua dan gurunya juga harus paham betul tentang literasi digital, sehingga bisa mengawasi penggunaan internet bagi anak-anak. Tugas pemerintah adalah memfasilitasi internet gratis untuk para pelajar ini,” kata Ganjar.

Menurut data Internet World Stats, penetrasi internet Indonesia menempati peringkat kedelapan di Asia Tenggara. Tercatat, penetrasi internet di dalam negeri mencapai 76,3% per Juli 2022.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...