Top News: Mutasi Ratusan Perwira Polri, Covid-19 di Jakarta Naik 40%

Aryo Widhy Wicaksono
9 Desember 2023, 05:50
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Fikri Yusuf/nym.
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo

Polri melakukan proses mutasi secara besar-besaran, dengan merotasi 535 personel dari perwira menengah hingga perwira tinggi.

Menurut Asisten Kapolri Bidang SDM, Irjen Pol. Dedi Prasetyo, mutasi merupakan hal yang lumrah dalam organisasi Polri. Sebagai perwira yang menandatangani surat telegram, Dedi mengatakan pergantian dilakukan kepada personel yang telah memasuki masa pensiun.

Di antara 535 personel tersebut, terdapat lima kepala kepolisian daerah (Kapolda) yang berganti pimpinan.

Rotasi ratusan perwira Polri menjadi salah satu artikel terpopuler dan masuk Top News Katadata.co.id. Selain itu, simak juga bagaimana saham emiten CUAN melesat pada perdagangan kemarin (8/12), serta kasus Covid-19 yang kembali meroket di Jakarta.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Mutasi Besar-besaran, Kapolri Ganti 5 Kapolda dan Tunjuk Kadensus Baru

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memutasi dan merotasi 535 personel baik dari tingkat perwira menengah maupun perwira tinggi. Mutasi dan rotasi itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri bernomor ST/2749/XII/Kep./2023 dan ST/2750/XII/KEP./2023.

Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Pol. Dedi Prasetyo yang menandatangani surat mengatakan mutasi merupakan hal yang lumrah dalam organisasi polri. Ia menyebut pergantian dilakukan kepada personel yang memasuki masa purna bakti atau pensiun.

“Lalu ada promosi, menambah pengalaman tugas tour of duty dan tour of area serta fokus persiapan pengamanan pemilu dan Operasi Lilin, pengamanan Nataru serta menjaga harkamtibmas," kata Dedi seperti dikutip Jumat (8/12).

Dari 535 personel itu, terdapat lima kepala kepolisian daerah yang mengalami pergantian pimpinan. Mereka adalah Kapolda Sulawesi Selatan, Kapolda Kalimantan Selatan, Kapolda Nusa Tenggara Timur, Kapolda Papua Barat dan Kapolda Kepulauan Riau.

2. Saham GOTO Kembali Menguat Jelang Pengumuman Kerja Sama TikTok?

Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menyentuh level tertinggi Rp 102 per saham hingga penutupan perdagangan sesi pertama, Jumat (8/12). Naiknya saham GOTO menjelang kabar pengumuman kerja sama antara pemilik TikTok yakni ByteDance dengan Tokopedia terkait kemitraan dan investasi.

Melansir data perdagangan, berdasarkan data perdagangan sampai penutupan sesi pertama, harga saham GOTO menguat 5,26% ke level Rp 100 dari level harga penutupan Kamis (7/12), yakni Rp 95 per saham. Pada awal perdagangan, saham GOTO sempat melemah ke Rp 94 per saham sebagai level terendah.

Volume saham yang diperdagangkan tercatat 4,81 miliar dengan nilai transaksi Rp 477,47 miliar. Sementara frekuensi perdagangannya tercatat sebanyak 27.914 kali. Sedangkan kapitalisasi pasarnya yaitu Rp 120,14 triliun.

Namun demikian investor sempat ambil untung atau profit taking beberapa hari ini yang menyebabkan saham emiten teknologi ini ambles ke level Rp 87 per saham pada Kamis (7/12) dari posisi penutupan perdagangan Rabu (6/12) Rp 92 per saham.

3. Apa Untung Rugi GOTO Apabila Jual Tokopedia ke TikTok?

TikTok dikabarkan akan segera mengumumkan kesepakatan kerja sama dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Hal itu lantaran aplikasi media sosial dan platform video musik milik ByteDance Ltd itu telah dalam negosiasi dalam mencapai kesepakatan untuk berinvestasi di salah satu unit grup GOTO yakni Tokopedia.

Head of Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana menilai, yang mungkin dari kesepakatan TikTok dan GOTO adalah kerja sama. Caranya bisa TikTok beli saham GOTO via rights issue atau private placement. Selain itu bisa juga keduanya membuat perusahaan patungan atau joint venture baru, ketimbang membeli saham Tokopedia.

Meski begitu terlepas dari hal tersebut, ada keuntungan yang akan didapat dari Tokopedia. “Secara teori dan bila data TikTok Shop yang sempat top five penjualan online langsung terkonversi, ya otomatis nilai transaksi brutonya (GTV) Tokopedia akan naik signifikan,” ujarnya kepada Katadata.co.id, Jumat (8/12).

Namun begitu soal profitabilitas, menurut Wawan, langkah kerja sama keduanya itu belum mampu membuat GOTO untung besar secara perusahaan.

4. Saham CUAN Milik Prajogo Pangestu Tembus Rp 10.750, Meski Laba Turun

Saham PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) menembus level tertingginya di Rp 10.750 per lembar pada perdagangan hari ini, Jumat (8/12). Melesatnya saham CUAN seiring dengan tren efek Prajogo Pangestu yang memberikan katalis positif kepada emiten-emitennya.

Melansir data perdagangan, berdasarkan data perdagangan sampai dengan pukul 11.25 WIB, harga saham CUAN menguat 8,14% ke level Rp 10.625 dari level harga penutupan Jumat (8/12), yakni Rp 9.825. Naiknya saham CUAN terjadi sejak pembukaan perdagangan hingga menyentuh level tertingginya Rp 10.750.

Volume saham yang diperdagangkan tercatat 7,33 juta dengan nilai transaksi Rp 75,68 miliar. Sementara itu, frekuensi perdagangannya tercatat sebanyak 7.414 kali. Sementara kapitalisasi pasarnya yaitu Rp 119,45 triliun.

Dalam catatan RTI, kinerja saham emiten konglomerat Indonesia selama seminggu naik 18,06%. Saham CUAN selama sebulan turut tercatat menguat 51,79%.

5. Kasus Covid-19 Jakarta Meroket, Usia 50 Tahun Wajib Vaksin Lengkap

Kasus Covid-19 di Jakarta naik 30% - 40% per 3 Desember dibandingkan sepekan sebelumnya. Warga usia 50 tahun ke atas pun diimbau sudah melengkapi dosis vaksinasi Covid-19.

"Diharapkan pralansia usia di atas 50 tahun segera melengkapi vaksinasi empat dosis," kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama kepada Antara, Kamis (7/12).

Ngabila mengatakan, pralansia masuk dalam kategori berpotensi mengalami kondisi parah jika terkonfirmasi Covid-19. Oleh karena itu, mereka perlu melengkapi vaksinasi sebagai daya tahan tubuh.

"Pralansia usia di atas 50 tahun, orang yang berpotensi mengalami keparahan karena ada komorbid. Jadi harus dilengkapi vaksinasi sampai empat dosis," ujar Ngabila.

 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...