Anies Nilai Bansos Tak Efektif Tekan Kemiskinan, Usulkan Langkah Lain

Muhamad Fajar Riyandanu
11 Desember 2023, 17:26
anies, bansos, kemiskinan
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU
Sebuah gawai wartawan merekam saat calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan (kiri) bersama moderator Gita Wirjawan (kanan) memaparkan visinya dalam Dialog Apindo bersama Capres 2024 di Jakarta, Senin (112/2023).

Calon Presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menganggap penyaluran bantuan sosial untuk menekan angka kemiskinan di kalangan petani dan pelaku usaha mikro. Dia mengusulkan kebijakan penyediaan pasar kepada para petani dan pelaku usaha mikro agar mendapat kepastian pembeli.

Anies menyarankan adanya wadah atau platform pasar yang mempertemukan petani dan pelaku usaha mikro dengan pihak penaman modal atau investor. Wadah tersebut nantinya dapat memfasilitasi para investor untuk menanamkan modalnya kepada para petani maupun pelaku usaha mikro.

Anies mengatakan lewat mekanisme tersebut, investor dan penyedia tenaga kerja masing-masing dapat memeroleh keuntungan dari mekansime pasar yang terjadi.

"Yang tidak dapat akan dilakukan redistribusi dengan cara pajak diberikan kepada yang tidak dapat," kata Anies dalam acara 'Dialog Capres Bersama Apindo' di Menara Bank Mega, Senin (11/12).

Anies berpendapat, mekanisme tersebut dapat mengikis beban pelaku usaha atau pihak penanam modal lewat kewajiban untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Menurutnya, hal ini lebih efektif ketimbang menarik pajak sebagai sumber dana bansos.

Selain itu, Anies optimistis kebijakan ini dapat menyerap potensi tenaga kerja untuk turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Ini penyelesaian kemiskinan lewat pasar," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...