Ganjar Janji Soal Perampasan Aset dan Tahan Koruptor di Nusa Kambangan

Ade Rosman
12 Desember 2023, 21:37
Ganjar Janji Soal Perampasan Aset dan Tahan Koruptor di Nusa Kambangan
ANTARA FOTO/Gusti Tanati/rwa.
Calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan, cara menekan angka korupsi di Indonesia yakni dengan merampas aset koruptor. Ia menilai, hal itu dapat menimbulkan efek jera bagi para koruptor. 

"Pertama, dari sisi penegakan hukumnya dulu, maka kalau saya mulai dari sini maka yang harus dilakukan adalah kemiskinan. Kedua, adalah perampasan aset. Maka segera kita bereskan UU Perampasan Aset," kata Ganjar, saat debat perdana capres di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (12/12).

Hal lainnya, menurut Ganjar, para koruptor perlu ditempatkan di lembaga pemasyarakatan Nusa Kambangan, Jawa Tengah. Menurut Ganjar, itu dapat menimbulkan efek jera bagi para koruptor.

"Untuk pejabat yang korupsi bawa ke Nusa Kambangan, agar bisa punya efek jera bahwa ini tidak main-main," katanya.

Selain itu, Ganjar juga mengatakan perlu adanya contoh dari pemimpin agar tidak hidup bermewah-mewahan untuk menggambarkan integritas.

"Untuk para pejabat, ada dua yang penting sekali. Satu, biarkan mereka berkembang dengan meritokrasi yang baik, sehingga saat menduduki jabatan tidak ada lagi jual beli jabatan. Kedua, jangan biarkan mereka setor pada pemimpinnya. Kalau ini terjadi kerunyaman itu akan muncul," katanya. 

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...