Jokowi Bingung Harga Cabai Meroket, Soroti Kendala Bibit dan Hama

Muhamad Fajar Riyandanu
13 Desember 2023, 16:59
jokowi, cabai, harga
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/foc.
Presiden Joko Widodo berbincang dengan petani saat kunjungan kerja di area persawahan Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (13/12/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku heran melihat kondisi harga cabai yang melonjak tinggi hingga menyentuh harga Rp 100.000 per kilogram (kg). Dia pun sempat menyoroti kendala dalam proses produksi cabai, utamanya pada urusan hama dan ketersediaan bibit.

 “Apa sulit sih tanam cabai? Sulit karena hama atau karena bibit?” kata Jokowi saat memberikan sambutan penyuluhan pertanian di Pekalongan yang disiarkan oleh Youtube Sekretariat Presiden pada Rabu (13/12).

Jokowi meminta Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) untuk meningkatkan produksi cabai sehingga dapat menekan harga di pasaran. “Sehingga jangan sampai cabai rawit harga Rp 100.000” ujar Jokowi.

Berdasarkan data panel harga cabai rawit merah di Badan Pangan Nasional atau Bapanas, rata-rata harga komoditas tersebut secara nasional di pedagang eceran pada Rabu (13/12) pukul 15.55 WIB berada di Rp 88.570 per kg.

Harga rata-rata cabai rawit merah di sejumlah wilayah di Jawa seperti DKI Jakarta menembus lebih dari Rp 100.000 per kg. Semenatra harga rata-rata cabai rawit di Jawa Tengah berada di angka Rp Rp 87.910 per kg.

Adapun harga cabai rawit di Kabupaten Pekalongan saat ini di level Rp 87.000 per kg, sementara di Kabupaten Rembang, Blora, Pati masih tertahan di angka Rp 100.000 per kg.  

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...