BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Terjadi Saat Natal dan Tahun Baru 2024

Ferrika Lukmana Sari
19 Desember 2023, 05:36
BMKG
Pexels
Apa Itu Rekayasa Cuaca

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap kemungkinan potensi cuaca ekstrem selama periode Natal 2023 dan tahun baru 2024.

"Masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap kemungkinan potensi cuaca ekstrem selama periode Natal dan tahun baru," ujar Deputi Bidang Meteorologi, BMKG, Guswanto dikutip dari Antara, Selasa (19/12).

Berdasarkan analisis terbaru, kata Guswanto, pola tekanan rendah di sekitar Laut Cina Selatan masih dapat berlangsung dalam 3-4 hari ke depan dengan kecenderungan melemah intensitasnya sehingga dapat berdampak pada potensi peningkatan curah hujan.

"Potensi peningkatan curah hujan itu diprakirakan terjadi di wilayah Jawa-Nusa Tenggara yang dapat terjadi mulai tanggal 23 Desember 2023," ujarnya.

Ia menambahkan, keberadaan pola tekanan rendah di sekitar Laut Cina Selatan tersebut juga secara tidak langsung turut membentuk pola pertemuan serta belokan angin dan menyebabkan terjadinya peningkatan pertumbuhan awan hujan di sekitar Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...