Bawaslu Terima Laporan Transaksi Janggal Pemilu, Jadi Informasi Awal

Muhamad Fajar Riyandanu
19 Desember 2023, 17:02
bawaslu, pemilu, ppatk
ANTARA FOTO/Reno Esnir/rwa.
Ketua Badan Pengawan Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja (tengah) bersama Anggota Bawaslu Puadi (kiri), Anggota Bawaslu Lolly Suhenty (kanan) memberikan keterangan pers di Media Center Bawaslu RI, Jakarta, Selasa (19/12/2023).

Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu telah menerima laporan dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait meningkatnya dugaan transaksi janggal dalam kampanye Pemilu 2024 pada semester II 2023.

Kendati demikian, Bawaslu tidak bisa mengumumkan besaran dana maupun pihak-pihak yang tercatut di dalam laporan PPATK tersebut. Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan bahwa laporan PPATK bersifat sangat rahasia, sehingga seluruh konten maupun informasi yang tertulis di laporan itu bukan untuk konsumsi publik.

"Hanya bisa diteruskan dan ditelusuri oleh aparat penegak hukum, khususnya kepolisian dan kejaksaan," kata Bagja dalam konferensi pers di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat pada Selasa (19/12).

Selain bersifat sangat rahasia, data-data yang termuat dalam laporan PPATK juga tidak bisa menjadi alat bukti dalam perkara hukum. Hal tersebut yang kemudian membuat Bawaslu tidak bisa menindaklanjuti temuan tersebut ke ranah hukum sekalipun Bawaslu berstatus sebagai pengawas pemilu.

"Karena kami berkaitan dalam penegakkan hukum pemilu, mau tidak mau itu dianggap sebagai informasi awal," ujar Bagja.

Bagja menjelaskan laporan PPATK sudah mengarah kepada manuver internal masing-masing partai politik sehingga penanganan hukumnya sudah berada di luar tanggungjawab Bawaslu. Kapasitas Bawaslu, ujar Bagja, hanya terkonsentrasi pada hal yang berkaitan dengan penyalahgunaan dana kampanye.

"Tapi kalau digunakan dalam dana kampanye, maka itu termasuk kewenangan Bawaslu. Kami hanya menangani pelanggaran dana kampanye," kata Bagja.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...