Jelang Debat Cawapres, Mahfud Minta Masukan Sandiaga hingga Hary Tanoe

Ade Rosman
20 Desember 2023, 19:49
mahfud, sandiaga, hary tanoe
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nym.
Menko Polhukam Mahfud MD (kedua kiri) bersama Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia Hary Tanoesoedibjo (kiri), Ketua Umum Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) Pdt Gomar Gultom (kedua kanan) dan Sekretaris Umum PGI, Pdt Jacklevyn Frits (kanan) berfoto bersama saat pertemuan di Grha Oikumene, Jakarta, Selasa (19/12/2023).

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Arsjad Rasjid mengatakan jelang debat calon wakil presiden, Mahfud meminta masukan kepada dirinya. Selain itu, Mahfud juga berdiskusi dengan Sandiaga Uno, hingga Hary Tanoesoedibjo.

"Istilahnya pengusaha, dari konteks ekonomi," kata Arsjad kepada wartawan di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu (20/12).

Arsjad mengatakan, persiapan yang dilakukan berasal dari pergerakan Mahfud sendiri. Selain meminta masukan dari beberapa tokoh itu, Mahfud juga mendengarkan aspirasi yang ditampungnya dari masyarakat.

"Juga komunitas-komunitas, apakah itu dari komunitas eko-kreatif dari komunitas namanya dari sisi komunitas-komunitas misalnya eko-digital, dan lain-lain," katanya.

Adapun, debat cawapres perdana nantinya akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta Convention Center (JCC) pada Jumat (22/12).

Tema yang akan diangkat merupakan ekonomi melingkupi ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Sebelumnya, Mahfud mengaku siap menjawab seluruh pertanyaan yang diajukan oleh para panelis dan moderator selama ajang debat cawapres. Mahfud menilai debat cawapres bukanlah tes penilaian seperti di ruang kampus.

"Namanya debat itu bukan ujian disertasi kan, yang ditanya kemampuan menangkap masalah," ujar Mahfud usai mengisi agenda Peringatan Hari Migran Sedunia di Margo Hotel Depok, Jawa Barat pada Rabu (20/12). 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...