Mahfud Siap Debat Cawapres Soal Ekonomi: Ditanya Apa Saja Saya Jawab

Muhamad Fajar Riyandanu
20 Desember 2023, 18:03
mahfud, debat, cawapres
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nym.
Menko Polhukam Mahfud MD (kiri) bersama Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia Hary Tanoesoedibjo (kedua kiri), berjabat tangan dengan anggota Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) sebelum pertemuan di Grha Oikumene, Jakarta, Selasa (19/12/2023).

Calon wakil presiden (capres) nomor urut 3 Mahfud MD mengaku siap menjawab seluruh pertanyaan yang diajukan oleh para panelis dan moderator selama ajang debat capres pada Jumat, 22 Desember mendatang. 

Dalam debat yang berdurasi 120 menit itu para cawapres yang terdiri dari Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD akan saling menawarkan dan adu gagasan seputar tema ekonomi.

Adapun isu yang dibahas dalam debat tersebut yakni isu ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

"Ya pokoknya kalau saya ditanya apa saja nanti saya jawab sesuai pengetahuan saya," kata Mahfud usai mengisi agenda Peringatan Hari Migran Sedunia di Margo Hotel Depok, Jawa Barat pada Rabu (20/12). 

Lebih lanjut, Mahfud menilai debat cawapres bukanlah tes penilaian seperti di ruang kampus. "Namanya debat itu bukan ujian disertasi kan, yang ditanya kemampuan menangkap masalah," ujar Mahfud. 

Debat calon wakil presiden itu akan disiarkan di sejumlah stasiun televisi swasta seperti TransTV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV, dan BTV. Pelaksanaan debat akan digelar mulai pukul 19.00 WIB dengan pembagian enam segmen seperti halnya debat pertama antarcapres. 

Untuk pelaksanaan debat kedua yang menjadi ajang para cawapres beradu gagasan KPU telah menetapkan Pemimpin Redaksi Detikcom Alfito Deannova dan pembawa berita yang juga produser Kompas TV Liviana Cherlisa. Keduanya akan memandu jalannya debat yang akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...