Lukas Enembe Meninggal Dunia

Tia Dwitiani Komalasari
26 Desember 2023, 13:23
Terdakwa kasus dugaan suap dan penerimaan gratifikasi Lukas Enembe menyapa pendukunggnya usai menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (19/10/2023).
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.
Terdakwa kasus dugaan suap dan penerimaan gratifikasi Lukas Enembe menyapa pendukunggnya usai menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe, tutup usia saat sedang menjalani perawatan di RSPAD, Jakarta, Selasa (26/12/2023). Kuasa hukum Lukas Enembe, Antonius Eko Nugroho, mengatakan kliennya meninggal dunia pada pukul 10.00 WIB.

Antonius mengatakan, Lukas Enembe sempat meminta berdiri dari tempat tidur rumah sakit sebelum meninggal dunia. Hal itu diceritakan keluarga yang merawat Lukas, Pianus Enembe.

"Kemudian Bapak Pianus membantu Pak Lukas untuk berdiri, dengan memegang pinggang Bapak Lukas, tidak lama berdiri, Bapak Lukas menghembuskan nafas terakhirnya," ujar Antonius melalui keterangan tertulis yang diterima Katadata.co.id.

Keluarga langsung menidurkan Lukas Enembe. Dokter sempat memberikan tindakan, namun Lukas Enembe sudah tutup usia.

Antonius mengatakan, Pianus menganggap bahwa sikap untuk meminta berdiri tersebut menunjukkan bahwa Lukas Enembe kuat dan tidak bersalah.

Lukas Enembe rencananya akan dibawa ke Jayapura, pada Rabu malam (27/12).

Sebelumnya, Lukas Enembe dilaporkan jatuh di rumah tahanan dan membuat kondisi kesehatannya menurun pada September lalu. Lukas dilarikan ke rumah sakit dan menurut keterangan keluarga mengalami pendarahan di bagian otak. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...