Ganjar: 20% APBN Cukup untuk Mendanai Program Pendidikan

Safrezi Fitra
26 Desember 2023, 20:21
ganjar, ganjar pranowo, anggaran pendidikan, visi misi ganjar-mahfud, visi misi ganjar, bonus demografi, ganjar-mahfud, program pendidikan ganjar
SS Youtube/KPU RI
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menjelaskan salah satu visi dan misinya dalam hal pendidikan. Dia mengatakan alokasi 20 persen dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) cukup untuk mendanai program pendidikan yang diusungnya bersama calon wakil presiden Muhammad Mahfud Md dalam Pilpres 2024.

"Sebenarnya 20 persen APBN itu sangat cukup," kata Ganjar usai meluncurkan program 'Satu Keluarga Miskin, Satu Sarjana' di Lapangan Desa Cangkol, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, seperti dikutip Antara, Selasa (26/12).

Total belanja negara dalam APBN 2024 mencapai Rp3.325,1 triliun. Dengan alokasi 20 persen seperti yang disebutkan Ganjar, artinya porsi anggaran untuk menjalankan program pendidikan yang diusungnya mencapai Rp660,8 triliun.

Ganjar menjelaskan akan memanfaatkan dana tersebut untuk menyekolahkan setiap satu anak dari keluarga tidak mampu hingga ke tingkatan sarjana. Kemudian untuk mendanai program sekolah menengah kejuruan gratis untuk anak Indonesia. Hal ini sudah dilakukannya saat menjadi Gubernur Provinsi Jawa Tengah.

Menurutnya penyiapan anggaran pendidikan 20 persen ini dibutuhkan agar Indonesia siap menghadapi bonus demografi pada 2045. Ganjar melihat perlu mengembangkan strategi untuk memenuhi kebutuhan pendidikan bagi setiap generasi muda Indonesia melalui skema investasi.

Dia mengatakan banyak keluhan masyarakat mengenai manfaat program pendidikan ini. Saat dia memimpin Jawa tengah, masyarakat Sukoharjo masih ada yang mengeluh belum merasakan manfaat program pendidikan seperti yang diusungnya khusus di Jawa Tengah itu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...