Top News: Lukas Enembe Meninggal, Ledakan Tungku Smelter di Morowali

Aryo Widhy Wicaksono
27 Desember 2023, 05:50
Terdakwa kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait proyek infrastruktur Papua Lukas Enembe di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (26/6/2023).
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom.
Terdakwa kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait proyek infrastruktur Papua Lukas Enembe di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (26/6/2023).

Mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe, meninggal dunia saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, pada Selasa (26/12).

Menurut keterangan keluarga, Lukas mengalami pendarahan otak. Ia menjalani perawatan di RSPAD karena kondisi kesehatannya terus menurun, setelah terjatuh di kamar mandi rumah tahanan KPK.

Lukas merupakan terdakwa kasus suap dan gratifikasi. Pada sidang tingkat pertama, Lukas mendapat vonis hukuman 8 tahun penjara. Pada tingkat banding, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta memperberat vonis tersebut menjadi 10 tahun penjara. Hakim menyatakan Lukas terbukti menerima suap senilai total Rp17,7 miliar, dan sebesar Rp1,99 miliar.

Meninggalnya Lukas Enembe merupakan salah satu artikel terpopuler dan menjadi bagian dari Top News Katadata.co.id. Selain itu, ketahui juga survei elektabilitas terbaru dari pasangan capres - cawapres, serta ledakan di kawasan industri Morowali.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Lukas Enembe Meninggal Dunia

Mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe, tutup usia saat sedang menjalani perawatan di RSPAD, Jakarta, Selasa (26/12). Kuasa hukum Lukas Enembe, Antonius Eko Nugroho, mengatakan kliennya meninggal dunia pada pukul 10.00 WIB.

Antonius mengatakan, Lukas Enembe sempat meminta berdiri dari tempat tidur rumah sakit sebelum meninggal dunia. Hal itu diceritakan keluarga yang merawat Lukas, Pianus Enembe.

"Kemudian Bapak Pianus membantu Pak Lukas untuk berdiri, dengan memegang pinggang Bapak Lukas, tidak lama berdiri, Bapak Lukas menghembuskan nafas terakhirnya," ujar Antonius melalui keterangan tertulis yang diterima Katadata.co.id.

Keluarga langsung menidurkan Lukas Enembe. Dokter sempat memberikan tindakan, namun Lukas Enembe sudah tutup usia.

2. Bola Liar Isu Boikot Israel Menghantam Bisnis Ritel

Sudah lebih dari satu bulan Nelfi Rianti, pedagang toko kosmetik dan perawatan diri di Pasar Mencos, Jakarta Selatan tak berbelanja produk-produk Unilever ke agen. Stok barang yang biasanya habis dalam lima hari, masih tersedia.

Hampir separuh atau sekitar 40% dagangan Nelfi merupakan produk-produk Unilever yang masuk dalam daftar boikot karena dianggap terkait dengan Israel. Penjualan produk-produk tersebut tak lagi laris seperti sebelum aksi boikot ramai.

“Sudah sebulan lebih enggak belanja, di agen juga barang-barang kosong,” ujar Nelfi kepada Katadata.co.id beberapa waktu lalu.

Nelfi mengantisipasi penurunan penjualan produk-produk Unilever dengan menyetok lebih banyak produk-produk pabrikan lainnya. Hal ini membuat penjualannya secara keseluruhan tak terlalu terdampak

“Omzet sejauh ini stabil saja, karena beralih ke produk lain, misalnya Wings. Belanja produk lain jadi lebih banyak dua kali lipat dari biasanya,” kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...