Istana Sebut Luhut Resmi Aktif Lagi Jadi Menteri, Sudah Lapor Jokowi

Image title
Oleh Luhut Binsar Pandjaitan
27 Desember 2023, 11:48
luhut, jokowi, istana
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan keterangan pers saat kegiatan media briefing di Nusa Dua, Badung, Jumat (22/12/2023).

Istana Kepresidenan mengonfirmasikan status Luhut Binsar Pandjaitan aktif kembali mengisi posisi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) sejak 15 Desember 2023. Luhut aktif lagi usai vakum dari jabatannya untuk menjalani pemulihan kesehatan di Singapura sejak pertengahan Oktober lalu.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan kembali aktifnya Luhut sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus mengakhiri tugas Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Menko Marves Ad Interim.

 Luhut telah melapor ke Presiden Joko Widodo tentang kesiapan melanjutkan tugas dan pekerjaan sebagai Menko Marves. “Sebelum aktif kembali sebagai Menko Marves, beliau telah melapor ke presiden,” kata Ari lewat pesan singkat WhatsApp pada Rabu (27/12).

Ari mengatakan Luhut sudah beberapa kali meneken surat resmi yang dirilis oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Luhut juga hadir sekaligus mengisi konferesi pers terkait capaian dan hasil kinerja program kerja kementerian tahun 2023.

Pada forum tersebut, Luhut melaporkan adanya penemuan sumber Lithium di Indonesia. Litium merupakan salah satu bahan baku untuk pembuatan baterai kendaraan listrik. Selain itu, dia juga menyoroti potensi pengembangan hilirisasi rumput laut.

Saat konferensi pers, Luhut sudah melapor kepada Presiden Joko Widodo untuk kembali bekerja di Kabinet Indonesia Maju. Luhut mengaku mendapat pesan dari Jokowi untuk membantu mempersiapkan transisi pemerintahan ke presiden berikutnya untuk membantu mengejar target menjadikan Indonesia negara maju pada 2045. 

Selain itu, ia juga sempat mengabarkan kondisi kesehatannya terkini. Luhut mengaku sudah mulai berolahraga ringan setiap hari untuk menjaga kebugarannya.

"Tetapi saya mencoba untuk bekerja tidak seperti sebelumnya karena lima bulan ini butuh recovery penuh," ujar Luhut dalam konferensi pers, Jumat (22/12). 

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...