Jakarta Akan Terapkan Vaksinasi Covid-19 Berbayar Mulai 1 Januari

Image title
Oleh Antara
28 Desember 2023, 17:18
Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta akan menerapkan vaksin Covid-19 berbayar mulai 1 Januari 2024.
ANTARA FOTO/Putu Indah Savitri/Ak/foc.
Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta akan menerapkan vaksin Covid-19 berbayar mulai 1 Januari 2024.

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta akan menerapkan vaksin Covid-19 berbayar mulai 1 Januari 2024. Dinkes DKI Jakarta mengimbau agar masyarakat yang belum melengkapi vaksinasi segera mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah terdekat selagi masih gratis.

"Betul, vaksinasi Covid-19 mulai bayar per 1 Januari 2024," ujar Kepala Dinkes DKI Jakarta Ani Ruspitawati, di Jakarta, Kamis (28/12).

Menurut Ani, vaksinasi Covid-19 berbayar ini berlaku untuk penyuntikan semua dosis vaksin. Namun, ada beberapa kelompok yang tetap mendapatkan vaksin Covid-19 secara gratis, seperti orang lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan lainnya.

Ani mengatakan ia belum mengetahui rincian biaya yang akan dikenakan untuk setiap dosis vaksin Covid-19 pada saat berbayar nanti. Dinkes DKI Jakarta masih menunggu mekanisme dan panduan teknis pelayanan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

"Belum ada rinciannya, mungkin akan dilepas ke mekanisme pelayanan biasa," ujar Ani. Ia memastikan vaksinasi Covid-19 gratis di Jakarta masih tersedia di seluruh puskesmas kecamatan hingga akhir tahun ini.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga mengingatkan masyarakat untuk melengkapi vaksinasi Covid-19, menggunakan masker, dan memastikan tubuh dalam kondisi sehat demi menjaga penyebaran kasus Covid-19 saat libur tahun baru.

Kemenkes telah mengimbau masyarakat agar tetap memakai masker dan menjalani gaya hidup sehat untuk mencegah potensi lonjakan kasus Covid-19, khususnya untuk lansia dan kelompok yang belum melakukan vaksinasi. Masyarakat yang sedang sakit flu, memiliki kontak erat dengan orang yang sedang sakit, atau berada dalam keramaian dan kerumunan diimbau memakai masker.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada masyarakat bahwa penanganan pasien Covid-19 tidak lagi gratis. Pasalnya, Indonesia tidak lagi berada dalam status pandemi Covid-19 dan sudah beralih ke status endemi.

"Hati-hati, kalau sudah masuk endemi, kalau kena Covid-19 bayar. Saat ini masih ditanggung pemerintah," ujar Jokowi ketika menghadiri peringatan satu dekade Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) di Kota Bogor, pada Minggu (18/6). Jokowi juga mengungkapkan bahwa penanganan Covid-19 menjadi pekerjaan terberat yang ia hadapi selama masa pemerintahannya.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...