Pengusaha Mebel Eks Relawan Jokowi ke Istana, Dukung Siapa di Pilpres?

Muhamad Fajar Riyandanu
29 Desember 2023, 16:53
Pekerja menyelesaikan pembuatan furnitur kayu di mebel Cahaya Indah Jaya, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin (18/9/2023).
ANTARA FOTO/Auliya Rahman/tom.
Pekerja menyelesaikan pembuatan furnitur kayu di mebel Cahaya Indah Jaya, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin (18/9/2023).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengundang organisasi pengusaha Sedulur kayu dan Mebel (Sekabel) ke Istana Merdeka Jakarta pada Jumat (29/12). Sekabel merupakan relawan pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Ketua Umum Sekabel Setyo Wisnu Utomo mengatakan pertemuan tersebut lebih banyak membahas soal potensi ekonomi dari pengembangan usaha mebel dan kayu. Dia menyatakan perbincangan tersebut tidak menyinggung isu terkait politik jelang pemilu 2024.

"Sekarang Pak Jokowi sudah tidak ada di dalam konstelasi Pilpres sehingga kami tidak menentukan sikap," kata Wisnu saat ditemui usai pertemuan.

Meski demikian, Wisnu menilai pasangan capres cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka merupakan sosok yang dapat melanjutkan model pemerintahan Jokowi, terutama pada pengembangan Industri mebel dan kayu domestik.

"Saya bicara di luar asosiasi ya, bahwa secara awam Prabowo-Gibran akan melanjutkan semua ini. Kami sebagai orang bisnis melihat semuanya sudah on track," ujar Wisnu.

Dukungan dari pengusaha Sekabel ini bakal menguntungkan pasangan capres dan cawapres. Wisnu mengatakan industri mebel saat ini mempekerjakan sekitar 15,7 juta karyawan. "Sekitar 15,7 juta dari ribuan perusahaan tenaga kerja dan anggotanya," sebut Setyo.

Dalam pertemuan dengan Jokowi, hadir pula Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Hasil pertemuan tersebut menghasilkan rencana untuk membangun sebuah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Industri Kayu.

Menurut Wisnu, ada 30 daerah yang diusulkan untuk menjadi KEK Industri Kayu. "Saya belum bisa bocorkan lokasinya, kalau dibocorkan nanti harga tanahnya naik nggak karuan. Mohon maaf," kata Wisnu.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...