Bulog Pastikan Stok Beras Aman untuk Bulan Puasa dan Lebaran 2024

Image title
30 Desember 2023, 15:54
Beras
ANTARA FOTO/Reno Esnir/nz
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (tengah), Dirut Perum Bulog Bayu Krisnamurti (kanan) dan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo (kiri) melihat beras yang di jual di Sentra Nusantara di Kompleks pergudangan modern Perum Bulog, Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (30/12/2023).

Perusahaan Umum Bulog memastikan stok beras aman untuk menghadapi periode bulan puasa atau Ramadan, serta Lebaran tahun depan. Hal ini dikatakan Dirut Bulog Bayu Krisnamurthi saat meninjau fasilitas pergudangan milik Bulog.

"Kami sudah mempersiapkan dengan sebaik mungkin positioning Perum Bulog, sehingga saat ini Bulog siap menjalankan tugasnya sebagai operator utama guna menjalankan penugasan pengelolaan pangan dari Pemerintah," kata Bayu, dilansir dari Antara, Sabtu (30/12).

Ia menjelaskan, stok beras Bulog saat ini tercatat sebanyak 1,6 juta ton. Ini terdiri stok yang ada sebanyak 1,15 juta ton, ditambah dengan beras impor yang dalam perjalanan. Menurutnya, stok ini cukup untuk menghadapi pergantian tahun, serta Ramadan, dan Lebaran 2024.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, selain kecukupan stok, kualitas beras Bulog pun dijamin jauh lebih baik dibandingkan dahulu.

"Dulu kan masih banyak komplain seolah-olah beras Bulog pecah, ada kutu. Itu tidak ada lagi, sudah kami periksa, dan dapat dipastikan beras yang digunakan untuk operasi stabilisasi pasokan dan harga pasar atau SPHP, kualitasnya tidak berbeda dengan beras premium, itu yang perlu kami sosialisasikan," kata pria yang kerap disapa Tiko tersebut.

Bayu menjelaskan, sejak diberlakukannya modernisasi, kualitas beras Bulog semakin terjamin. Penyalurannya pun bisa terlaksana dengan cepat pada situasi darurat, atau untuk mengatasi kebutuhan lonjakan permintaan beras dan pangan lainnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...