Hati-hati, BMKG Ingatkan Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Tahun Baru

Yuliawati
Oleh Yuliawati
31 Desember 2023, 13:35
Warga berjalan di sepanjang pantai Glagah, Kulon Progo, D.I Yogyakarta, Senin (11/12/2023).
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/agr/Spt.
Warga berjalan di sepanjang pantai Glagah, Kulon Progo, D.I Yogyakarta, Senin (11/12/2023).

Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai potensi gelombang tinggi hingga empat meter di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 31 Desember 2023 sampai dengan 1 Januari 2024. BMKG juga memprediksi sejumlah wilayah di Indonesia mengalami cuaca ekstrem saat malam pergantian tahun baru hingga awal 2024.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG Eko Prasetyo di Jakarta, dikutip Minggu (31/12).

Ia mengatakan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari timur laut-timur dengan kecepatan angin berkisar 4-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan 4-25 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Samudera Hindia barat Lampung hingga selatan Banten," kata dia.

Kondisi ini berpotensi menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di beberapa daerah, seperti di perairan Aceh, Mentawai, Bengkulu, Selatan Jawa, Maluku hingga Halmahera.

Untuk gelombang lebih tinggi di kisaran 2,5-4 meter, disampaikan, berpeluang terjadi di Samudra Hindia barat Bengkulu hingga Lampung.

Adanya potensi gelombang tinggi itu, Eko Prasetyo juga mengimbau masyarakat, khususnya nelayan untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, seperti moda transportasi perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m), kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m).

Halaman:
Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...