Jelang Debat Capres, Ini Pandangan Berbeda Ganjar soal Pertahanan

Ade Rosman
2 Januari 2024, 19:58
capres, debat capres, ganjar
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/Spt.
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (tengah) akan memaparkan konsep pertahanan versi dirinya dan Mahfud pada debat capres 7 Januari 2024.
Button AI Summarize

Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Hasto Kristiyanto mengungkapkan konsep berbeda calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berkaitan dengan pertahanan. Para capres akan bertemu kembali dalam debat yang digelar KPU pada 7 Januari 2024 dengan bahasan seputar pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

"Pertahanan itu merupakan hal yang sangat strategis dan di situ akan menjadi diferensiasi dari Pak Ganjar dan Prof Mahfud, di mana konsep pertahanan yang dikedepankan," kata Hasto saat konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Selasa (2/1).

Hasto mengatakan, Indonesia memiliki kondisi geografis berupa negara kepulauan yang besar. Oleh karena itu, menurut dia, paslon nomor urut 3 ini akan menjadikan laut sebagai prioritas dalam pertahanan. 

"Kita harus menatap laut sebagai jalan masa depan kita, itu nanti yang akan disampaikan," kata Hasto.

Hasto pun mengkiritisi kebijakan calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto di bidang pertahanan melalui belanja alat utama sistem pertahanan atau alutsista .  "Berbeda dengan Pak Prabowo yang untuk pengadaan alutsista pun itu harus membentuk suatu PT Teknologi Militer Indonesia, yang diisi oleh sahabat-sahabat dekatnya," katanya.

Ia juga menyinggung perihal keputusan Prabowo meminjam dana dari luar negeri untuk pengayaan alutsista.

"Ketika rakyat menghadapi kenaikan harga kebutuhan pokok, bagi kehidupan sehari-hari, Pak Prabowo Justru malah menambah utang luar negeri sebesar Rp 386 triliun untuk beli alutsista," katanya. 

Reporter: Ade Rosman
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...