Anies Menjajal Live TikTok, Potensi Kerek Suara Anak Muda

Yuliawati
Oleh Yuliawati
2 Januari 2024, 19:02
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan berpidato saat acara dialog publik di Universitas Bina Bangsa (Uniba) di Serang, Banten, Kamis (21122023).
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan berpidato saat acara dialog publik di Universitas Bina Bangsa (Uniba) di Serang, Banten, Kamis (21122023).
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menjajal siaran langsung atau live TikTok.  Pakar komunikasi politik dari Universitas Padjadjaran Kunto Adi Wibowo menilai live streaming di TikTok yang diadakan Anies bisa menarik partisipasi pemilih muda.

"Karena platformnya di TikTok, anak-anak muda banyak mengkonsumsi informasi lewat media sosial ini. Jadi, kita sebut saja Pemilu TikTok," kata Kunto saat dihubungi dari Jakarta, Selasa (2/1).

Anies menggelar siaran langsung di medsos itu sembari menempuh perjalanan darat dalam safarinya di Banyuwangi, Jawa Timur, 29 Desember 2023. Siaran langsung Anies dengan caption 'Temani Saya di Jalan' selama hampir setengah jam mulai pukul 22.00 WIB. Meski tidak terlalu lama, live itu ditonton lebih dari 30 ribu.

Kunto mengatakan paslon perlu mendorong pengetahuan anak muda tentang politik jika mau meraup suara anak muda. Maka, mereka mau tidak mau harus bersentuhan dengan media sosial itu.

Namun, bukan hanya mediumnya saja, menurut dia, peserta Pilpres 2024 juga perlu menyoroti target komunitas yang tepat jika ingin beraksi di media sosial.

Ia menilai komunitas yang tepat bisa membantu menaikkan elektabilitas paslon tersebut. "Komunitasnya 'kan banyak, misalnya Pak Anies, kemarin ke K-Pop gitu, fans K-Pop itu 'kan satu komunitas besar," katanya.

Selain itu, paslon juga perlu memberi edukasi kepada anak muda terkait mekanisme pemungutan suara, mulai dari jenis surat suara hingga ajakan untuk datang ke TPS. "Tentu saja peserta pemilu, termasuk capres/cawapres, 'kan kalau mereka mau dipilih, anak mudanya harus tahu dahulu soal surat suara begitu," kata dia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...