Benarkah Grup Djarum dan Wings Hengkang dari Proyek IKN?

Andi M. Arief
5 Januari 2024, 16:35
wings group, djarum group, konsorsium nusantara, IKN nusantara
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Presiden Joko Widodo (keenam kiri) didampingi Menteri Investasi/Kepala BKPB Bahlil Lahadalia (kedua kanan) dan para pimpinan konsorsium pengusaha Indonesia bersiap menyampaikan keterangan pers seusai peletakan batu pertama Hotel Nusantara di Kawasan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (21/9/2023).
Button AI Summarize

Otorita Ibu Kota Nusantara atau OIKN menepis kabar hengkangnya Grup Djarum dan Wings dari proyek pembangunan IKN. Kedua grup konglomerat ini tergabung dalam Konsorsium Nusantara yang  dipimping Agung Sedayu Group. 

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono memastikan Grup Djarum dan Wings masih ambil bagian dalam konsorsium nusantara. Ia mencatat terdapat 12 konglomerat yang masuk dalam konsorsium tersebut. 

Ke-12 grup konglomerat yang tergabung dalam konsorsium, yakni Agung Sedayu Group, Salim Group, Astra Group, Sinar Mas Group, Kawan Lama Group, Mulia Group, Pulau Intan, Alfa Group, Barito Pacific, Adaro Group, Djarum Group, dan Wings Group. Ia memastikan, perusahaan-perusahaan yang turut berpatisipasi dalam pengembangan dan pembangunan kawasan di IKN.

"Investor Konsorsium Nusantara tidak hanya terbatas  pada sau proyek saja, misalnya Hotel Nusantara yang daftarnya sudah disampaikan, ini bisa dinamis sesuai kebutuhan, " ujar Agung kepada Katadata.co.id. 

Ia menjelaskan, investasi yang dilakukan Konsorsium Nusantara tidak terbatas dalam satu proyek. Menurutnya, investasi oleh Konsorsium nusantara dinamis sesuai kebutuhan anggotanya.

Agung mencontohkan keterlibatan Alfa Group yang tak terbatas sebagai investor Hotel Nusantara, tetapi juga proyek lainnya seperti Botanial Group. "Ada investasi selanjutnya oleh Alfa Group melalui Konsorsium Nusantara," ujarnya.

PT Wings Surya atau Wings Group sjuga membantah kabar yang menyebutkan perusahaannya hengkang dalam investasi di Ibu Kota Nusantara atau IKN. Perseroan mengklaim tergabung dalam Konsorsium Nusantara dalam pembangunan Botanical Garden.

Head of Corporate Communication & CSR Wings Group Sheila Kansil mengatakan investasi perseroan bersifat nonkomersial. "Wings Group tetap ikut serta dalam Konsorsium Nusantara IKN yang bersifat IKN. Wings Group berkomitmen untuk ikut serta dalam pembangunan IKN," kata Sheila dalam keterangan resmi, Kamis (4/1).

Otorita IKN mencatat, total investasi yang telah ditanamkan di Nusantara mencapai Rp 41 triliun sepanjang 2023. Investasi tersebut terdiri dari 23 proyek yang akan dilakukan oleh investor domestik.

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...