Jokowi akan Kunjungi Luar Negeri Pekan Depan, Bersamaan HUT PDIP

Ameidyo Daud Nasution
5 Januari 2024, 16:52
jokowi, pdip, istana
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/rwa.
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada acara peletakan batu pertama pembangunan kampus II Universitas Muhammadiyah Purwokerto di Kabupaten Banyumas, Jateng, Rabu (3/1/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke luar negeri pekan depan. Kepergian Presiden bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Rabu (10/1).

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan Jokowi dijadwalkan mengunjungi sejumlah negara Asia Tenggara. Ia juga mengatakan Presiden bisa jadi tak menghadiri HUT PDIP jika berada di luar negeri.

"Kalau ada kunjungan ke luar negeri, mungkin tidak (menghadiri HUT PDIP)," kata Ari di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (5/1).

Ari juga mengatakan kunjungan Jokowi ke luar negeri tak bermaksud menghindari ulang tahun partainya. Ia menjelaskan rencana kepergian itu sudah diatur sejak beberapa waktu lalu.

"Tentang kurun waktu, nanti akan saya update lagi," kata Ari.

Hubungan Jokowi dan partainya tengah memanas beberapa waktu belakangan. Ini seiring putra sulung Presiden yakni Gibran Rakabuming Raka yang menjadi calon wakil presiden Prabowo Subianto. Sedangkan PDIP telah memiliki capres sendiri yakni Ganjar Pranowo yang berpasangan dengan Mahfud MD.

Rakernas PDI Perjuangan
Rakernas PDI Perjuangan (Muhammad Zaenuddin|Katadata)

Gibran melaju usai gugatan soal batas usia cawapres dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Adapun hakim yang memimpin putusan tersebut adalah Ketua MK Anwar Usman yang juga paman Wali Kota Solo itu.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga sempat angkat bicara mengenai situasi politik saat ini. Ia menyindir pihak yang ingin memunculkan lagi Orde Baru.

"Berhenti deh bapak-bapak yang saya sindir, insaf," katanya di JIExpo, Jakarta, Senin (27/11).


Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...