Prabowo-Gibran Kuasai Jatim Versi Survei LSI, Siapa Pemilih Utamanya?

Ira Guslina Sufa
5 Januari 2024, 18:19
Survei
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/Spt.
Sejumlah relawan mengacungkan dua jari saat Konsolidasi TKD Prabowo - Gibran Provinsi Jawa Barat di The House Convention Hall, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (25/11/2023).
Button AI Summarize

Survei terbaru yang dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka menjadi calon presiden dan calon wakil presiden yang banyak dipilih di Jawa Timur. Besarnya suara untuk Prabowo - Gibran berbanding lurus dengan kepuasaan terhadap Presiden Joko Widodo. 

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam paparan survei menjelaskan mayoritas pemilih di Jawa Timur yang puas dengan kinerja Jokowi memilih Prabowo - Gibran dibanding pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD. Djayadi menjelaskan dari temuan survei sebanyak 82,7% responden puas dengan kinerja Jokowi.

“Di antara yang menyatakan puas itu, hampir 49,7 % mendukung Prabowo-Gibran, jadi tidak lagi Ganjar Pranowo,”ujar Djayadi dalam paparan survei yang dikutip Jumat (5/1). 

Lebih jauh ia mengatakan pada urutan kedua pemilih yang puas dengan Jokowi di Jawa Timur memilih pasangan Ganjar - Mahfud MD sebanyak 28,6 %. Adapun yang memilih Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar hanya 13,8%. 

Menurut Djayadi, di kalangan pemilih yang tidak atau kurang puas dengan kinerja Jokowi, suaranya terbelah antara mendukung Prabowo - Gibran dan Anies - Muhaimin. Dari 11,8% pemilih yang tidak atau kurang puas dengan Jokowi, 35,9% di antaranya mendukung Prabowo. Di bawahnya ada Anies - Muhaimin dengan 35,1% suara dan sebanyak 19,5% memilih Ganjar - Mahfud.

“Jadi, terlihat pola di sini, yang puas kepada presiden cenderung mendukung Prabowo-Gibran. Yang tidak puas kepada presiden cenderung terbelah dukungannya, terutama antara Anies dan Prabowo,” ujar Djayadi.

Secara keseluruhan survei LSI menunjukkan elektabilitas Prabowo - Gibran berada di angka 46,7 persen. Di urutan kedua ada pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud Md dengan elektabilitas 26,6 persen disusul Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dengan 16,2 persen suara. Sementara 10,4 persen lainnya tidak tahu atau tidak jawab.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...