Drama Penangkapan Saipul Jamil, Negatif Narkoba hingga Dibebaskan

Image title
Oleh Antara - Ferrika Lukmana Sari
6 Januari 2024, 20:55
Saipul Jamil
Antara
Button AI Summarize

Penangkapan artis Saipul Jamil di dekat Halte TransJakarta Jelambar Jakarta Barat, Jumat (5/1) mendapat sorotan. Bahkan video penangkapan Saipul Jamil menjadi viral di media sosial.

Dalam proses penangkapan tersebut, sejumlah pria mencegat mobil yang ditumpangi Saipul, sambil menggedor kaca, mereka berteriak dengan kata-kata kasar dan meminta pedangdut tersebut segera membuka pintu kaca mobilnya.

Karena takut, mantan suami pedangdut Dewi Persik ini sempat mengira dirinya dirampok hingga berteriak minta tolong kepada warga yang melintas.

"Bang Ipul. Ini Saipul Jamil, tolong gue mau dirampok, tolong," kata Saipul dengan histeris.

Karena kaca mobil terus digedor, Saipul akhirnya keluar. Ia dikelilingi beberapa orang laki-laki mengenakan helm dan penutup muka.

Setelah keluar dari mobil, dia dipaksa duduk di tengah jalan Halte TransJakarta hingga menangis. Kedua tangannya kemudian diborgol dan dibawa ke Polsek Tambora Jakarta untuk diperiksa terkait dugaan kasus narkoba. 

Propam Dalami Proses Penangkapan Saipul

Masalah belum kelar sampai situ. Polisi justru mengklaim bahwa oknum yang menggedor-gedor kaca mobil Saipul, memukul asistennya dan berkata-kata kasar saat penangkapan bukan petugas Kepolisian.

"S​​​​​etelah kita cross-check terhadap tiga penyidik yang berada di TKP dan juga videonya, itu bukan anggota kami," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol M Syahduddi dilansir dari Antara, Sabtu (6/1).

Kepolisian telah melihat rekaman video tersebut. "Jadi kita sudah melihat tayangan video tersebut, yang mengetuk kaca mobil, yang memukul tersangka S ini dan juga yang memaki-maki dengan bahasa kasar," katanya.

Ia menyebut, beberapa oknum yang turut beraksi dalam penangkapan tersebut, yakni yang menggunakan jaket berwarna merah marun dan jaket bertuliskan "POLISI", bukan anggota Kepolisian.

"Kalau ditayangkan, video itu kan ada orang yang menggunakan hoodie warna merah marun, kalau tidak salah itu setelah kita cross-check juga bukan polisi," katanya.

Ada juga orang yang menggunakan jaket bertuliskan "POLISI" di lokasi penangkapan terhadap Saipul Jamil. "Itu juga ternyata bukan anggota Polsek Tambora," katanya.

Terkait proses penangkapan yang menuai sorotan, Polres Metro Jakarta Barat mengatakan, tengah meneliti dan mendalami kasus ini. Salah satunya dengan melibatkan Propam Polri untuk melakukan pemeriksaan dan pendalaman lebih lanjut.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...