Jokowi Bahas Pilpres dengan Prabowo hingga Zulhas, Netralitas Disorot

Muhamad Fajar Riyandanu
8 Januari 2024, 10:49
Presiden Jokowi makan malam bersama Prabowo Subianto
Instagram Prabowo
Presiden Joko Widodo makan malam bersama Prabowo Subianto
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo menyatakan membahas topik pemilihan presiden alias pilpres saat makan bersama beberapa ketua umum partai politik. Dalam beberapa hari terakhir Jokowi bertemu dengan tiga ketua umum parpol, yakni Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto dan Zulkifli Hasan.

"Bahas pemerintahan ada, bahas pilpres juga ada," kata Jokowi kepada wartawan saat ditemui usai meresmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere Raya Bogor di Gerbang Tol Limo Utama Kota Depok, Jawa Barat pada Senin (8/1).

Awalnya, Jokowi makan malam bersama Prabowo yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra di kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat, 5 Januari lalu. Pada Sabtu, 6 Januari, Jokowi berlanjut bertemu dengan Airlangga yang merupakan Ketua Umum Golkar.

Terakhir, Jokowi makan siang dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan di Medja Restoran Bogor, Jawa Barat pada Ahad, 7 Januari kemarin.

Pertemuan ini mendapat sorotan karena dianggap melanggar netralitas. Tuduhan ini terkait status putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka merupakan calon wakil presiden Prabowo Subianto.

Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto salah satunya yang menyinggung soal itu. Dia berharap presiden menjaga netralitas selama proses Pemilu 2024.

"Presiden harus membuat legacy pemilu harus berjalan dengan demokratis dengan netral dan nggak boleh ada keberpihakan dari Presiden. Nggak boleh menggunakan alat alat aparatur negara yang bisa merusak kualitas demokrasi kita," kata Hasto.

Jokowi menepis tuduhan dirinya tidak netral. Alasannya pertemuan dengan ketua umum parpol berlangsung di luar jam kerja. "Bertemunya kan malam hari, wong libur dan makan juga," ujar Jokowi.

Partai Gerindra dan PAN merupakan partai anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung pasangan Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024. Koalisi tersebut terdiri dari atas empat partai politik parlemen yaitu Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN dan Partai Demokrat serta beberapa partai non-parlemen seperti PBB, Gelora, PSI, Partai Garuda dan PRIMA.

Zulhas menceritakan pertemuan dirinya dengan Jokowi saat itu membahas perkembangan kampanye Prabowo-Gibran di Indonesia Timur, Sumatera, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Zulhas juga melaporkan narasi kampanye yang ditawarkan oleh Prabowo-Gibran kepada masyarakat di sejumlah daerah. Wacana yang ditawarkan Prabowo-Gibran adalah meneruskan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, membangun tol trans Jawa-Sumatera hingga penyaluran bantuan sosial alias bansos.

"Di sisa waktu semua kerja keras, menyapa rakyat dan menyampaikan serta melanjutkan apa yang sudah dikerjakan Pak Jokowi," kata Zulhas dikutip dari Youtube Kompas TV pada Ahad (7/1).

Adapun Prabowo mengabadikan momen makan malam bersama Jokowi di akun Instagram @prabowo. Dia mengunggah foto tengah makan malam bersama dengan Jokowi. "Selamat berakhir pekan," tulis Prabowo dalam unggahannya pada Jumat (5/1) malam.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...