PDIP Kritik Prabowo yang Tak Salami Anies, Bandingkan dengan Puan

Ade Rosman
8 Januari 2024, 19:37
prabowo subianto, pdip, puan maharani, anies baswedan, debat capres 2024, pilpres 2024
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (tengah) menyampaikan pendapat disaksikan capres nomor urut dua Prabowo Subianto (kiri) dan capres nomor urut satu Anies Baswedan saat adu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Debat kali ini bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.
Button AI Summarize

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto menyentil calon presiden (capres) nomor urut 3 Prabowo Subianto langsung meninggalkan podium tanpa menyalami kandidat capres nomor urut 1 Anies Baswedan seusai debat berakhir.

Hasto membandingkan dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani, sebagai pengusung capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, yang menyalami pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

"Tentang salamannya Mbak Puan dengan Mas Anies dan Gus Muhaimin itu bagus. Jadi malah kontras dengan Pak Prabowo yang tidak mau salaman dengan Mas Anies," kata Hasto dalam konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Senin (8/1).

Hasto mengatakan, hal itu menunjukkan perbedaan sikap antara Puan dan Prabowo dalam memandang sebuah perdebatan menjelang Pilpres 2024.

Sebelumnya, usai debat ketiga Pilpres 2024 yang digelar Minggu (7/1) malam, Prabowo dan Anies terlihat tak bersalaman usai saling adu pikiran mengenai isu pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Prabowo mengatakan, ia tak bersalaman dengan Anies lantaran mantan Gubernur DKI Jakarta itu tak menghampirinya setelah debat.

"Lho, dia gak datang ke saya, saya lebih tua dari dia. Saya lebih senior dari dia," kata Prabowo dalam konferensi pers setelah debat di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1) malam.

Sementara Anies mengatakan usai debat ia mencari Prabowo untuk menyalaminya, namun ternyata Menteri Pertahanan itu telah meninggalkan arena debat sehingga tak dijumpainya. "Sesudah selesai saya mencari, tapi sudah tidak ada. Jadi tidak tahu ke mana harus salaman," kata Anies sambil tersenyum dalam konferensi pers.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...