Ganjar Sebut RI Tak Bisa Langsung Lompat ke EBT, Andalkan Gas Bumi

Muhamad Fajar Riyandanu
11 Januari 2024, 18:02
ganjar, gas bumi, ebt
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mendengarkan aspirasi saat menghadiri Demokr(e)asi di Jakarta, Senin (8/1/2024).
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyoroti fungsi gas alam sebagai instrumen utama transisi energi. Menurutnya, gas merupakan sumber energi yang dapat menggantikan peran batu bara sekaligus menyokong kebutuhan energi saat transisi energi baru dan terbarukan (EBT).

Ganjar menjelaskan, pemanfaatan gas sebagai jembatan transisi energi diperlukan untuk menyeimbangkan penyediaan listrik bersih. Menurutnya hal ini penting di tengah kondisi mayoritas masyarakat Indonesia yang masih berada di kelas menengah ke bawah.

Menurut Ganjar, lompatan untuk menggunakan EBT sebagai sumber listrik masih belum relevan bagi mayoritas masyarakat saat ini. Produksi setrum dari EBT cenderung menghasilkan listrik dengan harga lebih mahal ketimbang listrik dari gas atau batu bara.

"Sebutlah dari energi kotor, kemudian agar bersih yakni gas, baru kemudian EBT. Rasanya bisa jalan transisi energi, "kata Ganjar saat mengisi dialog Capres 03 bersama Kadin di Djakarta Theater pada Kamis (11/1).

Pemanfaatan sumber daya gas bumi belakangan menjadi alternatif, terutama pada sektor transportasi dan pembangkit listrik. Pemanfaatan gas juga berimplikasi pada dekarbonisasi sektor ketenagalistrikan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...