Top News: Dugaan Korupsi Proyek Strategis, Laporan Awal Dana Kampanye

Aryo Widhy Wicaksono
12 Januari 2024, 05:50
Kepala PPATK Ivan Yustiavandana di kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (7/6/2023).
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.
Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana di kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (7/6/2023).
Button AI Summarize

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan adanya dugaan terjadinya korupsi, terkait Proyek Strategis Nasional (PSN).

Dalam temuannya, PPATK menemukan adanya aliran dana kepada sejumlah pihak, dari Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga politikus sepanjang 2023.

Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana, mengatakan sebanyak 36,8% anggaran proyek tersebut masuk ke rekening subkontraktor. Hal ini berdasarkan hasil pemeriksaan, pengamatan dan analisis mendalam dari PPATK.

Temuan dugaan tindak pidana terkait proyek strategis nasional merupakan salah satu artikel terpopuler dan menjadi bagian dari Top News Katadata.co.id. Selain itu, simak juga bagaimana fakta-fakta keurushan yang terjadi di Ekuador, serta laporan awal dana kampanye.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. PPATK Endus Dugaan Korupsi Anggaran PSN, Mengalir ke ASN dan Politikus

PPATK mengendus dugaan tindak pidana korupsi pada Proyek Strategis Nasional (PSN) yang mengalir ke Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga politikus sepanjang tahun 2023.

Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana, mengungkapkan bahwa sebanyak 36,81% anggaran proyek tersebut masuk ke rekening subkontraktor. Hal ini berdasarkan hasil pemeriksaan, pengamatan dan analisis mendalam dari PPATK.

Namun 36,67% transaksi dana PSN lainnya justru diduga tidak digunakan untuk pembangunan proyek terkait, tetapi untuk kepentingan pribadi, terutama mengalir ke pihak-pihak yang memiliki profil sebagai ASN maupun politikus.

"Terindentifikasi [dana PSN] mengalir ke pihak-pihak yang memiliki profil ASN, politikus serta dibelikan aset dan investasi oleh para pelaku," kata Ivan dalam Konferensi Pers Refleksi Akhir 2023 dan Proyek Kerja serta Langkah-langkah Strategis PPATK 2024 di kanal youtube PPATK dikutip pada Kamis (11/1).

Namun PPATK tidak merinci siapa saja ASN maupun politikus yang terlibat. Selain itu, Ivan juga tidak mau mengungkapan berapa nilai perputaran dana proyek PSN tersebut.

2. 8 Fakta Negara Ekuador Rusuh, Status Darurat Lawan Bos Geng Narkoba

Ekuador, sebuah negara di kawasan Amerika Latin sedang mengalami chaos. Kerusuhan dipicu kaburnya gembong narkoba kelas kakap di negeri itu, Jose Adolfo Macias alias Fito, yang kabur dari penjara di kota Guayaquil pada Senin (8/1) lalu.

Merujuk pemberitaan dari Anadolu, setelah kaburnya Fito, kekerasan dan kerusuhan terjadi di banyak titik. Mereka mengancam akan membunuh para sipir jika pemerintah mengerahkan tentara untuk mengendalikan penjara.

Usai kaburnya Fito pemerintah Ekuador mengeluarkan pernyataan perang terhadap geng narkoba. Hal itu menyulut perlawanan balik dari kelompok Fito untuk meluaskan aksi. Berikut sejumlah fakta yang dihimpun mengenai kerusuhan di Ekuador.

3. Harga Mobil listrik MG 4 Turun Rp 200 Jutaan Setelah Dirakit di RI

MG Motor Indonesia secara resmi mengumumkan harga mobil listrik MG 4 EV yang dirakit di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Harga MG 4 EV dibanderol Rp 433 juta dan New ZS EV senilai Rp 453 juta untuk tipe tertinggi keduanya.

Itu berarti, harga mobil rakitan Cikarang tersebut lebih rendah Rp 216 juta dibandingkan sebelumnya sebesar Rp 649 juta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...