Moeldoko Sebut Tudingan JK Soal Jokowi Tak Netral Subjektif

Muhamad Fajar Riyandanu
15 Januari 2024, 17:22
moeldoko, jusuf kalla, jokowi
Kantor Staf Presiden
Kepala Staf Kepresidenan, Dr. Moeldoko mengadakan pertemuan dengan Kementerian Pertahanan, Kementerian Keuangan, Kementerian Luar Negeri dan Bappenas untuk membahas langkah lanjutan program kerjasama pengembangan pesawat tempur Korea Fighter X dan Indonesia Fighter X (KFX/IFX) bersama Korea Selatan yang berlangsung di Gedung Bina Graha, Jakarta, Senin (2/10/2023).
Button AI Summarize

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menanggapi pernyataan mantan wakil presiden Jusuf Kalla alias JK terkait sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak netral dalam Pilpres 2024.

Moeldoko menyebut padangan JK cederung bersifat subjektif dan tidak melihat secara utuh sikap Jokowi di dalam pemerintahan. "Belum-belum sudah punya subjektivitas dalam melihat sesuatu, pasti akan bisa salah dalam melihat itu" kata Moeldoko di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Merdeka Jakarta pada Senin (15/1).

Mantan Panglima TNI itu menjelaskan alasan sikap netral Jokowi dalam Pilpres 2024. Menurut Moeldoko, Jokowi masih memberikan kepercayaan posisi menteri kepada politisi dari partai pengusung paslon nomor urut 1 dan 3.

"Apakah pemerintah membatasi dalam memberikan pelayanan publik dan fungsi administrasi yang tidak netral? Mari lihat secara jernih," ujar Moeldoko.

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar diusung oleh Partai NasDem, PKB dan PKS. Elit dari Partai NasDem yang duduk di Kabinet Indonesia Maju saat adalah Siti Nurbaya sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sementara perwakilan PKB antara lain Abdul Halim Iskandar sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dan Ida Fauziyah sebagai Menteri Ketenagakerjaan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...